Catat, Inilah 8 Cara Mudah Menghilangkan Karang Gigi Secara Mandiri

Catat, Inilah 8 Cara Mudah Menghilangkan Karang Gigi Secara Mandiri

 

1. Rutin sikat gigi

Menyikat gigi secara teratur menjadi salah satu cara membersihkan karang gigi. Prosedur yang satu ini dapat kamu lakukan dua kali sehari, yaitu setelah sarapan dan sebelum tidur di malam hari.

Lakukan selama 2 menit. Pastikan sikat menjangkau seluruh permukaan gigi di dalam mulut. Untuk masing-masing bagian, yaitu kanan, kiri, depan, dan belakang, lakukan selama 30 detik.

Perlu diperhatikan juga teknik menyikat gigi dengan benar. Meskipun sudah dilakukan selaam2 menit akan sia-sia jika menyikat gigi dengan cara yang salah. Teknik yang benar dalam sikat gigi adalah dengan gerakan memutar atas dan bawah secara perlahan. 

Menyikat gigi bisa dimulai dari gigi geraham di sisi kanan atau kiri. 

 

2. Membersihkan gigi dengan benang

Lakukan pembersihan lebih detail dengan menggunakan benang. Tujuannya untuk membersihkan plak yang berada di sela-sela gigi.  Benang dapat menjangkau sela-sela gigi yang tidak terjangkau oleh sikat gigi. Lakukan cara ini setelah menyikat gigi untuk hasil yang maksimal.

 

3. Menyikat gigi dengan baking soda

Baking soda dinilai mampu menghilangkan plak tanpa merusak enamel gigi. Kandungan di dalam baking soda dinilai mampu melindungi gigi, dan mencegah gigi kehilangan kalsium. Sifat antimikroba dalam baking soda dapat mencegah kerusakan gigi.

 

4. Membersihkan gigi dengan Obat kumur

Cara membersihkan karang gigi selanjutnya adalah menggunakan obat kumur. Obat kumur dinilai mampu merontokkan kotoran dari sisa makanan yang menempel pada gigi.

Selain itu, penggunaan obat kumur dapat membantu aroma napas menjadi lebih segar. Untuk mendapatkan manfaatnya, hindari obat kumur dengan kandungan alkohol.

 

5. Berkumur dengan minyak kelapa

Bila kamu punya stok minyak kelapa murni di rumah, kamu bisa memanfaatkannya sebagai cara merontokan sekaligus menghilangkan karang gigi. Ini karena minyak kelapa mengandung antioksidan dan asam laurat yang dapat membantu membasmi bakteri jahat di dalam mulut. Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu cukup berkumur dengan satu sendok makan minyak kelapa selama 5-10 menit.

 

6. Konsumsi Sayur dan Buah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: