Berikut Panduan Menggunakan dan Merawat Kontak Lensa Bagi Pemula, Simak Yuk!

Berikut Panduan Menggunakan dan Merawat Kontak Lensa Bagi Pemula, Simak Yuk!

Ilustrasi penggunaan kontak lensa pada mata.--Pinterest.com/@TheSun

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID -  Memakai kontak lensa atau softlens bagi pemula memang seringkali terasa menakutkan.

Namun, jangan khawatir pada artikel ini akan dijelaskan bagaimana cara memakai softlens yang baik dan benar bagi kamu yang ingin menunjang dengan tampilan menarik dan berbeda. 

Terlebih, alat ini kini juga tersedia dengan berbagai warna yang bisa disesuaikan dengan gaya berpakaian. Untuk kamu yang mungkin sedang bingung mau pakai Softlens atau tidak. 

Jangan khawatir, artikel kali ini akan mengulas dan memberikan tips bagi kamu yang masih pemula dalam menggunakan Softlens yang bisa kalian ikuti dengan mudah dan sederhana. Simak ulasannya di bawah ini ya!

BACA JUGA:

Pastikan tangan bersih sebelum pakai softlens

Aturan ini sebenarnya harus diterapkan oleh semua pengguna lensa kontak. Pasalnya, langsung memegang dan memakai lensa kontak tanpa mencuci tangan terlebih dahulu dapat berisiko memindahkan patogen penyebab infeksi dari jari tangan ke softlens, lalu berakhir di mata kamu. Kuncinya, biasakan untuk selalu mencuci tangan pakai sabun lalu bilas dengan air mengalir sampai bersih. Kemudian keringkan seluruh bagian tangan sebelum kamu menggunakan lensa kontak.

Cuci lensa kontak sebelum digunakan

Letakan lensa di tengah tangan untuk dibilas dengan cairan khusus pembersih softlens. Hal ini akan membuat mata lebih nyaman dan terhindar dari infeksi. Sebuah studi dari Clinical Ophthalmology menjelaskan bahwa, membersihkan lensa kontak dengan selain cairan khusus akan meningkatkan risiko terkena infeksi mata, seperti keratitis.

Periksa lensa kontak sebelum digunakan

Setelah dibilas, pastikan lensa dalam keadaan bagus, tidak robek, atau rusak. Selain itu, pastikan juga lensa berada di ujung jari telunjuk dengan posisi tidak terbalik. Posisi lensa yang benar memiliki bentuk sempurna, seperti mangkuk. Bila terdapat lekukkan dibagian pinggir lensa, tandanya posisi lensa terbalik.

Mulai memasang lensa kontak

Cara memasang softlens yang pertama adalah dengan berdiri di depan cermin. Kemudian, buka mata dengan cara menarik kelopak mata atas menggunakan jari tangan kiri. Setelah itu, tarik kelopak mata bawah dengan jari tengah kanan dan pasang softlens di permukaan bola mata kamu. Kamu bisa melihat ke depan atau ke atas saat softlens dipasang. Saat memasang softlens, kamu bisa menyesuaikan jari tangan yang hendak digunakan sesuai dengan kenyamanan kamu.

Pakai dengan benar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: