Berikut Panduan Menggunakan dan Merawat Kontak Lensa Bagi Pemula, Simak Yuk!

Berikut Panduan Menggunakan dan Merawat Kontak Lensa Bagi Pemula, Simak Yuk!

Ilustrasi penggunaan kontak lensa pada mata.--Pinterest.com/@TheSun

Agar tidak iritasi, kamu perlu memakai lensa kontak dengan benar. Gunakan jari telunjuk yang bersih untuk meletakkan lensa kontak ke telapak tangan. Bilas lensa kontak dengan larutan yang direkomendasikan oleh dokter mata atau optometris. Selanjutnya, letakkan lensa di ujung jari telunjuk. Kemudian, tarik kelopak mata bagian bawah dengan jari tengah tangan yang sama. Pegang kelopak mata atas dengan tangan yang lain. Tempelkan lensa kontak ke mata, lalu lepaskan kelopak mata dengan perlahan. Kedipkan mata dengan lembut hingga terasa tidak ada yang mengganjal. Perlu diingat, kamu harus memakai lensa kontak sesuai dengan keterangan. Jangan sampai lensa kontak untuk mata kiri digunakan pada mata kanan. Begitu pula sebaliknya.

BACA JUGA:

Tutup mata dengan perlahan 

Perlahan tutup matamu dan putar bola mata agar lensa terpasang sempurna. Kemudian, bukalah mata dan berkedip beberapa kali. Periksa kembali di cermin posisi lensa di mata. Bila softlens sudah terpasang sempurna, kamu akan melihat dengan nyaman dan jelas. Bila terasa tidak nyaman, sebaiknya lepaskan softlens dan pasang lensa kembali. Setelah lensa kontak sebelah kanan sudah terpasang, kamu bisa melanjutkan untuk memasang softlens sebelah kiri dengan cara yang sama.

Gunakan tetes mata sesering mungkin

Tetes mata adalah salah satu benda yang wajib dimiliki oleh orang dengan mata kering. Produksi air mata yang tidak mampu melumasi mata dengan baik, bisa lebih terbantu dengan adanya air mata buatan dari obat tetes mata. Air mata memiliki peran penting sebagai pelindung mata dari kuman sekaligus menjaga kesehatan mata secara menyeluruh. Itu sebabnya, jumlah air mata yang tidak mencukupi pada penderita mata kering tidak hanya menciptakan rasa tidak nyaman, melainkan juga akan meningkatkan risiko infeksi.

Hal yang Harus Dihindari saat Menggunakan Softlens

  • Berikut adalah beberapa hal yang harus dihindari saat menggunakan softlens.
  • Hindari menggunakan softlens lebih dari waktu yang ditetapkan
  • Hindari tidur menggunakan softlens
  • Hindari berbagi atau meminjam lensa maupun tempat lensa dengan orang lain
  • Hindari berenang menggunakan softlens
  • Hindari membasahi lensa kontak dengan air ludah, air keran, ataupun air minum
  • Hindari menyimpan softlens atau tempatnya dibawah sinar matahari
  • Agar handal dalam memasang softlens memang membutuhkan waktu. Namun, setelah terbiasa menggunakan softlens, kamu akan merasakan manfaatnya.

Nah itulah, beberapa panduan lengkap terkait cara menggunakan lensa kontak atau softlens bagi pemula secara baik dan benar. Namun, harus diingat selalu menjaga kebersihan tangan dan tempat softlens agar terhindar dari infeksi mata. Semoga  bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: