Di Kampanye Ganjar, Butet Kartaredjasa Pantun Sindir Jokowi: Selalu Ada yang Ngintili

Di Kampanye Ganjar, Butet Kartaredjasa Pantun Sindir Jokowi: Selalu Ada yang Ngintili

Butet Kartaredjasa, seniman sekaligus budayawan terkemuka.--Instagram @masbutet

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Butet Kartaredjasa, seniman dan budayawan terkemuka, mengeluarkan sindiran tajam terhadap Presiden Joko Widodo dalam acara Hajatan Rakyat Yogyakarta

Dalam sambutannya di Alun-alun Wates, Kulon Progo pada Minggu, 28 Januari 2024, Butet menyiratkan bahwa Presiden Jokowi tampaknya 'membuntuti' kampanye calon presiden nomor urut 03, Ganjar Pranowo.

"Setiap Mas Ganjar datang selalu ada yang ngintili (mengikuti). Hari ini Mas Ganjar akan datang menemui kita, kemarin sudah ada yang ngintili," ujar Butet dengan nada sindiran. 

Dalam pantunnya, Butet tidak hanya menyinggung revolusi mental Jokowi, tetapi juga merujuk pada keputusan Mahkamah Konstitusi yang memenangkan Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres.

Melalui pantunnya, Butet menyatakan dukungannya terhadap pasangan calon nomor urut 03, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, menggambarkannya sebagai capres-cawapres yang pro rakyat. 

BACA JUGA:

"Kulon Progo bangga punya bandara melengkapi Jogja yang istimewa. Kita semua berkumpul di sini diikat tali jiwa bersama Ganjar-Mahfud gelorakan revolusi cinta," tutur Butet, mencerminkan dukungan dan keyakinannya terhadap pasangan tersebut.

Kunjungan kerja Jokowi ke sejumlah daerah Jawa Tengah baru-baru ini menarik perhatian karena dianggap ikut mencermati agenda kampanye calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo. 

Acara Hajatan Rakyat Yogyakarta menjadi fokus, di mana Ganjar dijadwalkan hadir bersama Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan cawapres nomor urut 3, Mahfud MD, di Alun-alun Wates, Kulon Progo, DIY, pada Minggu, 28 Januari 2024 sore.

Jokowi sendiri telah berada di DIY sejak Jumat malam dan aktif terlibat dalam kegiatan bersama masyarakat, termasuk bermain sepak bola di Lapangan Gamplong, Sleman. 

Pemantauan terhadap langkah-langkah Jokowi dalam beberapa hari terakhir menciptakan spekulasi terkait politik jelang pemilihan presiden. 

Sementara Ganjar fokus di Hajatan Rakyat, kehadiran Jokowi dalam berbagai kegiatan di DIY menambah dinamika politik lokal.

BACA JUGA:

Presiden Jokowi mengungkapkan alasan bermain bola bersama anak-anak siswa sejumlah Sekolah Sepak Bola (SSB) di Gamplong sebagai bentuk dukungan untuk Timnas Indonesia yang berhasil lolos babak 16 besar Piala Asia 2023. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: