Jangan Asal Minum! Begini Cara Konsumsi Teh Hijau dengan Benar agar Khasiatnya Tidak Hilang

Jangan Asal Minum! Begini Cara Konsumsi Teh Hijau dengan Benar agar Khasiatnya Tidak Hilang

Ilustrasi teh hijau.-Foto: Pinterest.com-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID -  Teh hijau kini sudah mulai digemari oleh masyarakat Indonesia, teh yang awalnya dipopulerkan di Jepang ini dipercaya karena mengandung banyak khasiat yang bagus untuk kesehatan tubuh serta jantung.

Menurut penelitian teh hijau juga mengandung antioksidan yang menghambat penuaan dan menurunkan berat badan serta menjaga tubuh agar tetap ideal. Maka dari itu banyak produk minuman dan kecantikan terbuat dari teh hijau kini sedang banyak diminati oleh konsumen.

Namun perlu diketahui, untuk menikmati teh hijau tidak boleh asal. Meskipun minuman ini termasuk minuman kesehatan dan jika dikonsumsi secara berlebihan justru akan berdampak buruk pada tubuh ataupun kesehatan kita.

Maka dari itu perlu diketahui juga cara yang tepat minum teh hijau agar khasiatnya terasa. Nah, bagi kamu yang belum mengetahuinya, simak ulasan artikel di bawah ini dengan tepat sehingga khasitanya bisa dapat terserap tubuh dengan baik.

BACA JUGA:

1. Tentukan Pilihan Teh Hijau

Teh hijau kini sudah banyak diproduksi dengan berbagai varian yang memiliki cita rasa dan manfaatnya masing-masing. Namun apabila ingin merasakan khasiatnya, yang baik adalah teh hijau tanpa gula atau rasa. Ada dua jenis minuman teh hijau yang di rekomendasikan yaitu Matcha dan Hojicha, kedua varian teh hijau ini bagus untuk diminum karena mengandung kafein yang rendah dan tinggi akan antioksidannya.

2. Jangan Langsung Diminum Setelah Diseduh

Cara menikmati teh hijau yang benar adalah dengan menunggunya 1 menit usai diseduh dan tidak dengan air yang mendidih. Banyak dari kita yang salah dalam menyajikannya, cara yang tepat adalah ketika air sudah mendidih maka diamkan terlebih dahulu selama 10 menit, lalu tuangkan ke cangkir atau teko yang ada teh hijau. Selanjutnya biarkan selama 1 menit atau sesuai dengan selera anda agar teh bisa larut semua dan air berubah menjadi pekat karena teh. Dan minumlah teh hijau dalam kondisi yang hangat.

3. Jangan Seduh Teh Hijau Dua Kali

Kebiasaan kita tanpa kita sadar menyeduh kantung teh hingga 2 kali, namun justru itu merupakan cara yang salah. Karena saat menyeduh teh kedua kali, justru kandungan khasiat pada teh sudah hilang. Perlu diktehui juga, saat kita sudah menyeduh teh pertama dan kemudian mendiamkan kantung teh selama beberapa saat bisa menimbulkan bakteri yang berbahaya. Bakteri ecoli bisa muncul pada kantung teh yang basah saat didiamkan, dan apabila terus tetap di konsumsi maka bisa mengganggu pencernaan dan pengenceran feses yang bisa menyebabkan diare.

BACA JUGA:

4. Waktu Terbaik Menikmati Teh Hijau

Meskipun teh hijau baik untuk kesehtan, namun tidak baik jika terlalu sering atau banyak mengkonsumsinya. Sebaiknya untuk menikmati teh hijau hanya 3 - 5 kali dalam satu hari. Menikmati teh hijau yang tepat jangan pada saat perut dalam kondisi kosong dan tepat setelah makan. Karena saat kita meminum teh hijau saat perut kosong akan menimbulkan asam lambung, dan disarankan untuk meminum teh hijau minimal 30 menit setelah makan. Minuman teh hijau juga bagus untuk menurunkan berat badan, dan untuk kamu yang sedang diet di sarankan tidak menambahkan campuran lain ke dalam minuman teh hijau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: