Jangan Panik! Berikut Tips Meningkatkan Nafsu Makan Si Kecil Tanpa Suplemen

Jangan Panik! Berikut Tips Meningkatkan Nafsu Makan Si Kecil Tanpa Suplemen

Ilustrasi seorang anak sedang sarapan yang bagus untuk kesehatannya--Freepik

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Ada banyak hal yang dapat menyebabkan penurunan nafsu makan pada anak. Misalnya anak sedang tumbuh gigi, sariawan, diare, atau demam.

Selain itu, kebiasaan ngemil makanan tinggi gula atau terlalu banyak minum susu juga ikut berpengaruh terhadap nafsu makan anak. Saat masa pertumbuhan, anak memerlukan sumber enrgi yang cukup. Jika mengalami kehilangan nafsu makan bisa berakibat pada penurunan berat badan. 

Sebagai langkah awal untuk mengembalikan nafsu makan, sebaiknya orang tua tidak memaksakan anak untuk langsung makan dalam porsi besar.

Karena, setiap anak membutuhkan kalori yang berbeda-beda, tergantung dengan usia, jenis kelamin, serta kondisi kesehatannya. Sebagai orangtua, adabaiknya kita harus dapat memperkirakan asupan kalori agar anak tidak kurang dari kebutuhan gizi anak.

BACA JUGA:

Nah, berikut ini adalah beberapa tips untuk mengembalikan nafsu makan pada anak yang perlu orang tua tau. Simak yuk!

Buat menu makanan yang bervariasi dan tampilan yang menarik

Anak bisa saja merasa bosan apalagi jika kita selalu membuatkan menu yang sama. Sebaiknya, buatkan menu makanan sehat untuk anak yang bervariasi, misalnya dengan membawakan bekal sekolah anak yang menarik.

Lagi pula, semakin bervariasi bahan makanan yang Anda gunakan, maka semakin bernutrisi makanan anak. Jangan lupa juga untuk selalu menyediakan sajian makanan dengan tampilan yang menarik, misalnya menghias makanan seperti kartun favoritnya. Cara ini bisa membantu meningkatkan nafsu makan anak agar tidak susah makan.

Yoghurt

Yoghurt bisa menjadi makanan penambah nafsu makan anak, karena mengandung tinggi probiotik. Kandungan ini dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan sekaligus meningkatkan keinginan untuk makan. Yoghurt juga kaya kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi anak. Dalam pemberian yoghurt, sebaiknya pilih yang rasanya tawar (plain) dengan kandungan gula yang rendah. Takut masih terasa asam? Tambahkan potongan buah yang manis, anak pasti suka.

Minyak Ikan

Minyak ikan bisa orang tua berikan agar anak mau makan. Sebuah penelitian mengatakan, omega-3 yang terkandung dalam minyak ikan berperan dalam menurunkan rasa kenyang setelah makan dan dapat meningkatkan nafsu makan. Walau begitu, penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan untuk dapat menyimpulkan hal ini secara menyeluruh, khususnya untuk anak-anak. Tapi tak ada salahnya untuk memberikan minyak ikan kepada anak, apalagi kandungan omega-3 sangat baik untuk pertumbuhan otak.

Sereal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: