8 Vitamin Peredam Komplikasi Diabetes dan Gula Darah Tinggi

8 Vitamin Peredam Komplikasi Diabetes dan Gula Darah Tinggi

Vitamin peredam komplikasi diabetes--pexels.com/Pavel Danilyuk

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Berikut ini beberapa vitamin dan manfaatnya untuk menurunkan risiko komplikasi diabetes dan gula darah tinggi.

Diabetes merupakan kondisi kronis yang ditandai dengan kadar gula darah yang tinggi dalam tubuh. Jika tidak terkontrol dengan baik, diabetes dapat menyebabkan komplikasi serius seperti kerusakan pada ginjal, saraf, dan mata. 

Oleh karena itu, para penderita diabetes perlu memperhatikan asupan nutrisi mereka, termasuk vitamin yang memperkuat sistem kekebalan tubuh dan meredam risiko komplikasi penyakit.

Dengan mengonsumsi berbagai vitamin dan mineral yang memiliki efek meredam komplikasi diabetes dan gula darah tinggi, para penderita diabetes dapat menjaga kondisi kesehatan mereka dengan baik. 

Mengutip pada Health Line, suplemen berikut menawarkan potensi untuk meningkatkan pengelolaan gula darah serta mengurangi risiko komplikasi terkait diabetes:

1. Kromium

Kromium merupakan mineral penting yang membantu tubuh dalam mengatur kadar gula darah. 

BACA JUGA:

Kromium dapat membantu mengurangi rasa lapar dan mengontrol nafsu makan, sehingga dapat membantu menjaga berat badan yang sehat. 

Selain itu, kromium juga dapat meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh, sehingga membantu mengontrol kadar gula darah.

2. Vitamin B1

Vitamin B1 atau tiamin merupakan vitamin yang penting untuk metabolisme karbohidrat dalam tubuh. 

Vitamin B1 membantu tubuh dalam mengubah glukosa menjadi energi, sehingga dapat membantu menstabilkan kadar gula darah. 

Selain itu, vitamin B1 juga memiliki efek positif dalam menjaga kesehatan saraf, yang seringkali terganggu pada penderita diabetes.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: