Viral, Parkir di Area Masjid Istiqlal Dipatok Harga Rp150 Ribu, Pelaku Diamankan Polisi

Viral, Parkir di Area Masjid Istiqlal Dipatok Harga Rp150 Ribu, Pelaku Diamankan Polisi

Tangkapan layar video viral jukir liar di sekitar Masjid Istiqlal yang patok harga Rp150 ribu.-Foto: Instagram.com/@romansopirtruck-

"Ini parkir liar, Pak, cuman ada yang menanggungjawabnya. Kalau bisa ini hilang gimana? Tanggung jawab siapa?" timpal jukir lain.

Terpisah, Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro mengatakan peristiwa itu merupakan video lama. Bahkan, kata dia, seorang pelaku sudah ditangkap.

"Informasi video lama dan salah satu pelaku sudah ditangkap," kata dia saat dikonfirmasi, pada Senin, 13 Mei 2024. 

Kejadian ini membuat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno pun ikut merespons keberadaan parkir liar di depan Masjid Istiqlal, Jakarta. Parkir liar tersebut dianggap meresahkan warga karena kerap mematok tarif yang tinggi hingga Rp 150.000.

Selain meminta Dinas Perhubungan DKI Jakarta bertindak, Sandiaga juga akan berkoordinasi dengan aparat penegak hukum untuk memberantas praktik premanisme hingga pungutan liar (pungli), terutama di kawasan wisata religi seperti Masjid Istiqlal.

BACA JUGA:

"Pungli terus terjadi. Kami langsung terhubung dengan Dinas Perhubungan DKI Jakarta dan memastikan oknum tersebut segera ditindak," kata Sandiaga di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, pada Minggu, 12 Mei 2024.

Sandiaga menyampaikan, Masjid Istiqlal dan juga Gereja Katedral merupakan dua wisata religi yang tengah didorong di Jakarta. Ia berharap aksi premanisme ini tidak terjadi lagi karena dapat membuat warga resah.

Sebelumnya, viral di media sosial aksi beberapa juru parkir liar yang meminta uang parkir sebesar Rp 150.000 kepada seorang pengendara mobil di depan Masjid Istiqlal.

Hingga Minggu, 12 Mei 2024, aksi tersebut juga masih dijumpai. Beberapa pemilik mobil mengaku masih dikenakan tarif parkir yang tinggi oleh juru parkir liar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: