6 Wisata Budaya yang Populer di Indonesia, Jadi Lambang Kekayaan Budaya Nusantara

6 Wisata Budaya yang Populer di Indonesia, Jadi Lambang Kekayaan Budaya Nusantara

Berikut ini adalah deretan wisata budaya yang populer di Indonesia--

Destinasi wisata budaya ini memiliki 304 kuburan batu megalitikum. 

Selain menikmati sejarah budaya, kamu juga bisa menikmati fasilitas lainnya seperti penyewaan baju adat serta mengunjungi rumah adat yang memiliki langit-langit setinggi 15 meter.

2. Desa Penglipuran, Bali

Nama Desa Penglipuran sudah sangat terkenal di Indonesia, bahkan mancanegara. 

Desa wisata ini dikenal karena kebersihannya yang sangat terjaga. 

Selain itu, semua rumah di Desa Penglipuran memiliki penataan bangunan yang sangat teratur. Penduduk desa juga mempertahankan budaya dan tradisi secara turun temurun.

3. Tana Toraja, Sulawesi Selatan

Salah satu destinasi wisata budaya yang unik dan menarik untuk di kunjungi adalah Kabupaten Tana Toraja di Sulawesi Selatan. 

Daerah ini terkenal dengan tradisi pemakaman dan budaya yang sangat unik, serta pemandangan alamnya yang begitu memukau.

Ketika berkunjung ke Tana Toraja, kamu bisa melihat pertunjukkan budaya yang sering diadakan di sana, yang termasuk tarian dan musik tradisional. 

Selain itu, kamu juga bisa melihat cara orang Toraja melakukan pemakamannya yang sangat khas dan penuh dengan upacara adat. Ada banyak tempat menarik seperti Makam Batu Lemo dan Makam Londa, yang menunjukkan sebagian dari warisan budaya Tak hanya itu, para wisatawan dapat menikmati pemandangan alam yang indah, seperti gunugm lembah hijau, sawah, dan air terjun yang dapat dijelajahi.

Tana Toraja juga dikenal dengan rumah adatnya yang disebut Tongkonan, yang bentuk atapnya seperti perahu terbalik. 

Jika tertarik, kamu bisa membeli kerajinan tangan, seperti tenunan dan ukiran, yang dibuat oleh penduduk asli sana, untuk dijadikan oleh-oleh.

4. Loncat Batu, Nias, Sumatra Utara

Tradisi Loncat Batu di Nias tepatnya di Desa Bawamataluo merupakan tradisi andalan di Nias. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: