Dapat Restu dari Jokowi, KemenPANRB Bakal Hapus Ribuan Jabatan Eselon di Daerah, Negara Hemat Anggaran Rp8,1 Triliun!

Dapat Restu dari Jokowi, KemenPANRB Bakal Hapus Ribuan Jabatan Eselon di Daerah, Negara Hemat Anggaran Rp8,1 Triliun!

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) bakal melakukan pemangkasan ribuan pejabat Eselon di daerah. 

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas menjelaskan, bahwa perampingan ini dilakukan agar struktur Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di daerah bisa sesuai dengan kebutuhan dan tidak melebihi dari jumlah penduduknya. 

"Ini kok ada daerahnya kecil, tapi struktur OPD-nya lebih besar dari jumlah penduduknya. Kita lihat ada variabel yang kadang bisa dinaik turunkan oleh mereka yang punya kepentingan untuk itu," kata Anas di Jakarta, dikutip Minggu 5 November 2023.

BACA JUGA:Terbaru 2023: Daftar Negara Bebas Visa Indonesia, Traveler Makin Punya Akses Luas!

Anas mengaku, bahwa kebijakan itu telah disepakati bersama dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) guna membuat variabel-variabel yang tidak bisa diubah oleh daerah. 

"Kita langsung ambil dari BPS yang variabelnya mulai jumlah penduduk, penanganan kemiskinan, ekonomi dan seterusnya,” ujarnya.

Dari kebijakan itu, kata Anas, secara total pemerintah dalam waktu dekat akan mengurangi sekitar 1.238 Eselon II dan ribuan lagi untuk Eselon III.

"Dari pemangkasan itu, diprediksi Negara akan berhemat capai Rp 8,1 Triliun," ucapnya

Berdasarkan hasil simulasi pembobotan variabel, diperoleh proyeksi perampingan struktur organisasi perangkat daerah. 

BACA JUGA:Ini Dia Cara Cek Lokasi Tes SKD CPNS 2023, Beserta Aturan Berpakaian Peserta!

Dari data sampel sebanyak 46 Pemda yang mewakill daerah outlier, besar, sedang, dan kecil, jika diaplikasikan untuk seluruh daerah terdiri dari 34 Provinsi, 416 Kabupaten dan 98 Kota, maka diproyeksikan akan terdapat potensi pengurangan kurang lebih 1.238 Eselon II atau kurang lebih 2 orang per daerah.

"Pengurangan juga akan terjadi pada kurang lebih 30.854 eselon III atau kurang lebih 56 per daerah. Sedangkan pengurangan Eselon IV diproyeksikan mencapai 157.192 orang atau 287 orang per daerah," paparnya.

Adapun dari sisi penghematan dari sisi operasional usai dilakukannya pemangkasan ribuan eselon, maka diproyeksikan akan terdapat potensi efisionsi anggaran Oporasional sebesar kurang lebih Rp 8.1 Trillun. 

“Dengan rincian pengurangan sekitar 1.238 Eselon Il atau kurang lebih 2 orang per daerah, efisiensi belanja operasional sebesor 619 Millar per tahun,"  terangnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: