Mengenal Kebudayaan Maluku yang Kental dengan Sejarah

Mengenal Kebudayaan Maluku yang Kental dengan Sejarah

Salawa, salah satu tradi di Maluku--

Jakarta,Radarpena.Disway.id - Maluku adalah sebuah provinsi di Indonesia. Ibu kota provinsi ini terletak di Kota Ambon, yang juga merupakan kota terbesar di provinsi ini. Provinsi ini meliputi bagian selatan Kepulauan Maluku

Sebelum masa penjajahan, wilayah Maluku menjadi poros perdagangan rempah dunia dengan cengkih dan pala sebagai barang dagangan utama. Hal ini membuat Maluku dijuluki sebagai "Kepulauan Rempah" hingga hari ini. 

Rakyat Maluku berdagang dengan para pedagang dari berbagai daerah di Nusantara maupun mancanegara seperti pedagang-pedagang Tionghoa, Arab, dan Eropa. Kekayaan rempah ini pun menjadi daya tarik bangsa-bangsa Eropa yang pada akhirnya menguasai Maluku, dimulai oleh Portugis dan terakhir Hindia Belanda.

 

Berikut budaya yang ada di Maluku

1. Rumah Adat

Rumah adat Suku Ambon dinamakan Baileo. Baileo dipakai untuk tempat pertemuan, musyawarah dan upacara adat yang disebut seniri negeri. Rumah tersebut merupakan panggung dan dikelilingi oleh serambi. Atapnya besar dan tinggi terbuat dari daun rumbia, sedangkan dindingnya dari tangkai rumbia yang disebut Gaba-gaba (oleh orang Ambon). 

2. Pakaian Adat

Prianya memakai pakaian adat berupa setelan jas berwarna merah dan hitam, baju dalam yang berenda dan ikat pinggang. Sedangkan wanitanya memakai Baju Cele, semacam kebaya pendek, dan tebal yang disulam.

3. Tari-tarian

Orang Ambon memiliki banyak tarian tradisional salah satunya Tari Lenso. 

Tarian ini memiliki fungsi dan makna sebagai berikut:

 

- Sebagai tarian menyambut tamu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: