Inilah Manfaat dan Keutamaan dalam Menjalankan Puasa Senin Kamis, Serta Niat yang Wajib Kita Ketahui!

Inilah Manfaat dan Keutamaan dalam Menjalankan Puasa Senin Kamis, Serta Niat yang Wajib Kita Ketahui!

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Puasa Senin Kamis dianjurkan oleh Rasulullah SAW karena memiliki banyak keutamaan dan manfaat bagi kesehatan tubuh. Puasa sunnah ini dilakukan oleh Rasulullah dua hari karena memiliki keistimewaan sendiri.

Selain menambah amalan sebagai bekal di akhirat, mengerjakan puasa Senin Kamis juga mengandung sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Melaksanakan puasa Senin Kamis secara rutin bisa membuat seseorang terhindar dari berbagai macam penyakit.

Senin dan Kamis adalah hari yang istimewa. Mahmud Ahmad Mustafa mengatakan dalam buku Puasa Senin-Kamis, kedua hari tersebut adalah hari diperiksanya amal seseorang.

Pendapat ini bersandar pada sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA. Ia mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

BACA JUGA:

"Amal-amal perbuatan itu diajukan (diaudit) pada hari Senin dan Kamis, oleh karena itu aku ingin amal perbuatanku diajukan (diaudit) pada saat aku sedang puasa." (HR Tirmidzi)

Meski sifatnya tidak wajib, puasa yang dilakukan pada hari Senin dan Kamis memiliki banyak keutamaan yang bisa mendatangkan kebaikan untuk orang lain dan diri sendiri.

Berikut, manfaat dan keutamaan dari puasa senin kamis yang perlu kita ketahui. Simak ulasannya dibawah ini!

Keutamaan puasa Senin-Kamis adalah ini bagian dari sunnah Rasulullah SAW. Rasulullah SAW biasa berpuasa pada dua hari tersebut dan memiliki banyak keutamaan salah satunya adalah untuk menghapuskan kesalahan dan meninggikan derajat kita di hadapan Allah SWT.

"Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa menaruh pilihan berpuasa pada hari Senin dan Kamis." (HR. An. Nasai, dan Ibnu Majah).

  • Mendapat Ampunan dan Pahala Besar

Allah SWT akan mengampuni dosa orang-orang yang mengerjakan puasa Senin Kamis. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda, "Seluruh amal manusia dihadapkan kepada Allah Subhanahu wa ta'ala dua kali dalam sepekan. Yaitu pada hari Senin dan Kamis.

Lalu Allah mengampuni dosa setiap hamba-Nya yang mukmin, kecuali orang yang bermusuhan. Maka dikatakan kepada mereka, 'Tinggalkanlah dahulu kedua orang ini, sampai mereka berdamai'." (HR Muslim)

  • Dijanjikan Surga Rayyan

Keutamaan puasa Senin-Kamis adalah bahwa Allah SWT telah menyiapkan sebuah surga khusus bernama Rayyan bagi orang-orang yang melaksanakan puasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: