Inilah Manfaat dan Keutamaan dalam Menjalankan Puasa Senin Kamis, Serta Niat yang Wajib Kita Ketahui!

Inilah Manfaat dan Keutamaan dalam Menjalankan Puasa Senin Kamis, Serta Niat yang Wajib Kita Ketahui!

Sabda Nabi SAW yang diriwayatkan oleh Shal menjelaskan bahwa di dalam surga terdapat sebuah pintu yang disebut ar-Rayyan, yang hanya dapat diakses oleh para shaimun (orang-orang yang berpuasa) pada hari kiamat.

  • Menjaga Kesehatan Tubuh 

Puasa Senin Kamis juga memiliki manfaat dalam menjaga kesehatan tubuh. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abdullah bin Amr bin Al-As, Rasulullah SAW bersabda, "Puasa itu merupakan obat penyembuh, selama ia tidak dilakukan berlebihan" (HR Bukhari dan Muslim). 

  • Menjaga Kebersihan Hati 

Puasa Senin Kamis bisa membantu dalam menjaga kebersihan hati. Dengan berpuasa maka kita akan terbiasa menahan hawa nafsu dan emosi yang negatif. Hal tersebut bisa membantu dalam meningkatkan kontrol diri dan menjaga kebersihan hati.

BACA JUGA:

Manfaat puasa senin kamis selanjutnya adalah dapat melatih seseorang untuk selalu disiplin dalam segala hal. Karena hal ini, secara tak langsung kamu merasa Allah SWT selalu mengawasi setiap tindakan yang kamu lakukan, sehingga kamu akan selalu mawas diri dan menghindari segala hal yang dapat menimbulkan dosa dan dapat membatalkan puasa.

Selain itu, dengan berpuasa kamu akan lebih terdorong untuk meningkatkan ibadah maupun amalan-amalan lainnya yang pastinyanya akan mendatangkan pahala dari Allah SWT.

  • Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Puasa Senin Kamis turut memberikan manfaat yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Berdasarkan hasil penelitian, puasa dapat meningkatkan produksi sel darah putih yang berdampak pada meningkatnya daya tahan tubuh manusia.

  • Meningkatkan Kualitas Ibadah 

Puasa Senin Kamis juga bisa meningkatkan kualitas ibadah. Dengan berpuasa, kita terbiasa dengan kehidupan sederhana dan fokus pada ibadah. Hal tersebut bisa membantu meningkatkan kualitas ibadah serta mendapatkan pahala yang lebih banyak lagi.

 

  • Mengistirahatkan Alat Pencernaan

Berpuasa Senin Kamis dapat memberi kesempatan kepada organ-organ pencernaan, sistem enzim, dan hormon untuk beristirahat. Dengan berpuasa, alat pencernaan pada tubuh manusia dapat memperbaiki kerusakan yang terjadi serta milyaran sel dalam tubuh bisa menghimpun diri untuk bertahan hidup.

  • Membersihkan Tubuh dari Racun dan Kotoran

Berpuasa juga berfungsi sebagai detoksifikasi untuk membersihkan tubuh dari racun dan kotoran. Puasa dapat membatasi kalori yang masuk dalam tubuh sehingga menghasilkan enzim antioksidan yang mampu membersihkan zat-zat yang bersifat racun dan karsinogen serta mengeluarkannya dari dalam tubuh.

Niat puasa senin dan kamis memiliki doa terpisah. Apabila seorang muslim mau berpuasa di hari senin maka harus membaca niat doa puasa senin dan begitu pula puasa sunnah kamis.

  • Niat Puasa Sunnah Senin

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu Shouma Yaumal Itsnaini Sunnatal Lillaahi Ta’aalaa.

Artinya: “Saya niat puasa pada hari Senin, sunat karena Allah Ta’aalaa.”

  • Niat puasa sunnah Kamis

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu Shouma Yaumal Khomiisi Sunnatal Lillaahi Ta’aalaa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: