5 Destinasi Wajib Dikunjungi, Jika Liburan di Palembang, Nomor 3 Situs Kejayaan Kerajaan Sriwijaya

5 Destinasi Wajib Dikunjungi, Jika Liburan di Palembang, Nomor 3 Situs Kejayaan Kerajaan Sriwijaya

Lokasi Wisata Bukit Siguntang di Palembang Sumsel Bukit oenuinggalan Kerajaan Siriwijaya Foto: Sumek. Radio - Disway --

JAKARTA,RADARPENA.CO.ID – Provinsi Sumatera Selatan memiliki Ibu Kota dengan Palembang. Kota Palembang terkenal dengan kulinernya yakni mpek-mpek.Bukan itu saja Kerupuk Palembang juga sangat terkenal.

Selain juga ada Rujak Tahu, Tekwan, Model serta kuliner lain yang dibuat dari Sagu dicampur Ikan. Salah satu nama ikan yang cocok dicampur adalah Ikan Tenggiri.

Bukan itu saja, Kota Palembang juga terkenal dengan sebuah Jembatan yang diberi nama, Jembatan Ampera. Jembatan ini sudah berdiri sejak masa Presiden Soekarno.

Orang-orang lokal di Kawasan Sumatera Bagian Selatan masih ada yang menyebut nama Jembatan tersebut senama dengan nama Presiden RI pertama itu. Kini Jembatan ampera menjadi salah satu destinasi wisata yang terkenal di Kota Palembang.

BACA JUGA:

Hanya saja, destinasi Wisata terkenal di Kota Palembang , bukan hanya Jembatan Ampera. Sedikitnya masih ada 5 Destinasi lain di Palembang yang wajib di kunjungi kala sedang berlibur atau sedang mengunjungi Provinsi Sumatera Selatan dengan ikon Kota Palembangnya.

Berikut 5 Destinasi Wisata di Kota Palembang Provinsi Sumatera Selatan

1. Pulau Kemari

Destinasi wisata satu ini sangat terkenal di Kota Palembang. Di Pulau ini berdiri sebuah Pagoda agama Buddha dengan 9 lantai yang menjulang dan bisa dilihat dari Jembatan Ampera. Menuju ke Pulau Kemaro bisa memakai motor atau mobil lalu menyeberang menggunakan Perahu menuju ke Pulau Kemaro.

Di Pulau ini terdapat Klenteng yang sudah berdiri sejak tahun 1962 bernama Hok Tjing Rio dan Klenteng Kwam Im. Di Tempat ini ada makam sepasang kekasih yang diyakini memiliki agama berbeda. Makam tersebut dikatakan dengan nama sebagai makam Siti Fatimah dan Tan Bu An.

BACA JUGA:

Hingga kini di Pulau Kemaro masih dipergunakan sebagai tempat Sembahyang bagi ummat Buddha.  Juga dipergunakan sebagai tempat perayaan Cap Gomeh dan Imlek. Masuk ke Pulau ini tidak dikenakan biaya alias gratis.

Namun bila ingin melihat pemandangan Pagoda bertingkat 9 dari luar Pulau, bisa menyewa speedboad atau Ketek seharga Rp 80 ribu per orang. Tempat ini buka setiap hari dari pukul 09.00 – 19.00 WIB.

2.   Desa Wisata Lorong Mari

Destinasi desa di Kota Palembang ini, menyuguhkan budaya dan kreatifitas masyarakat desa. Letaknya di Kelurahan Talang Bubuk Kecamatan Plaju. Ada 4 desa di sini yang bisa dipilih. Ada Desa Lorong Mari terampil membuat kriya dari bahan-bahan bekas.

BACA JUGA:

Kampung Hijau Lorong Setia mengolah tanaman obat keluarga yang bisa dijadikan herbal. Ada Kampung Pempek Dos yang akan mengajak anda melihat pembuatan pempek lokal.

Kemudian ada Kampung Tambak Ikan Lorong Mulia yang memelihara dan membudidayakan ikan di sekitar rumah mereka. Tersedia disana paket wisata dengan harga murah  dari Rp10.000 sampai Rp1.000.000

3.   Situs Sejarah Bukit Siguntang

Tempatnya di atas bUkit tinggi setinggi 30 meter,terdapat bukti-bukti arkeologis bukti kejayaan Kerajaan Sriwijaya di masa lalu. Lokasinya disebelah Barat Jembatan Ampera. Banyak sekali situs sejarah agama  Buddha ditempat ini. Bukit Siguntang saat ini masih dipergunakan sebagai tempat ibadah ummat Buddha.

Memiliki beberapa peninggalan seperti Arca-arca Buddha, Pecahan-pecahan Tembikar serta pecahan Keramik dari masa Dinasti Tang Abad ke-7-10 Masehi. Tiket masuk Rp 3 ribu per orang dan tarif parkir terpisah. Di Bukit Siguntang sudah dilengkapi fasilitas lengkap seperrti Musala, Toilet, Pendopo , menara Pandang hingga Pagoda Buddha. Buka setiap hari mulai pukul 09.00 – 16 .00 WIB.

 4.   De Jakabaring

Lokasi Jakabaring cocok buat berfoto, tempatnya De Jakabaring di Komplek Graha Teknologi Jakabaring. Harga tiket Rp20.000 untuk hari kerja, dan Rp 25 ribu selama akhir pekan. Kita bisa berfoto dengan latar belakang objek 3D yang menarik.

BACA JUGA:

Letaknya berada di Seberang Stadion Gelora Siriwijaya untuk sampai ke sini  cukup menempuh perjalanan dengan kendaraan sekitar 15 menit dari Jembatan Ampera.

 5.   Kuliner Pinggir Sungai Musi

Belum lengkap rasanya kalau ke Palembang belum mengunjungi aneka kuliner di Pinggiran Sungai Musi berupa makanan khas Palembang.

Di sini banyak terdapat restoran dan warung makan yang menjajakannya. Lokasinya persis menghadap ke Jembatan Ampera. Kita bisa coba makan di atas perahu di Warung Terapung Mbok Wa.

Bisa juga makan tepat di Pinggir Sungai Musi di Restoran Rive Side yang luas. Bisa juga mendatangi Café tepian Dermaga untuk  pengalaman minum kopi yang baru.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: