5 Jenis Ikan yang Baik Dikonsumsi untuk kesehatan Tulang dan Gigi, Mengandung Vitamin D Tinggi

5 Jenis Ikan yang Baik Dikonsumsi untuk kesehatan Tulang dan Gigi, Mengandung Vitamin D Tinggi

Ilustrasi foto: jenis ikan yang mengandung vitamin D tinggi yang baik untuk kesehatan gigi dan tulang. --Pinterest.com

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Vitamin D sangat memengaruhi banyak fungsi tubuh, termasuk otot, saraf, tulang, dan gigi. Zat ini mengoptimalkan penyerapan kalsium oleh tubuh, yang membantu melindungi dari resiko osteoporosis. 

Mengonsumsi ikan dengan tinggi vitamin D sangat membantu memperkuat imunitas, sehingga tubuh tidak mudah terinfeksi virus dan bakteri penyebab penyakit.

Melansir dari Web MD, kekurangan vitamin D telah dikaitkan dengan penyakit rakitis, yaitu suatu kondisi di mana jaringan tulang tidak mengalami mineralisasi dengan baik sehingga menyebabkan tulang lunak dan kelainan bentuk tulang lainnya. 

Vitamin D sebenarnya dapat diproduksi oleh tubuh sebagai respons terhadap kulit yang terkena sinar Matahari. Meski begitu, vitamin D juga bisa ditemukan secara alami di beberapa makanan, seperti kuning telur, daging merah, hati, biji-bijian, dan produk susu. 

BACA JUGA:

Namun, bila kamu tidak menyukai daging atau pun sayuran, vitamin D juga bisa didapatkan dari beberapa jenis ikan, terutama ikan yang berlemak. Lantas, jenis ikan apa saja sih yang tinggi akan kandungan vitamin D dan baik untuk kesehatan tulang dan gigi? 

Ikan kembung 

Ikan kembung merupakan salah satu jenis ikan yang kaya akan vitamin D alami. Vitamin ini bermanfaat untuk metabolisme fosfor dan kalsium. Keduanya sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang. Tak hanya itu, ikan kembung juga mengandung selenium dan tembaga yang dapat membantu tubuh dalam menjaga kepadatan tulang agar tidak mudah keropos. Satu porsi ikan kembung, sebanyak 100 gram, akan menyediakan 643 IU vitamin D.

Ikan makarel

Mengutip British Heart Foundation, ikan jenis ini juga mengandung tinggi vitamin D. Mengonsumsi ikan makarel bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung, menjaga kesehatan otak, memperkuat tulang, dan mencegah anemia.

Ikan salmon

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: