Honda Vario 125 vs Yamah FreeGo: Duel Matic 125cc, Siapa Unggul?

Honda Vario 125 vs Yamah FreeGo: Duel Matic 125cc, Siapa Unggul?

Honda Vario 125 vs Yamah FreeGo: Duel Matic 125cc, Siapa Unggul?--Foto: ideogram.ai

Di sisi lain, Honda Vario 125 memiliki keunggulan karena meskipun bagasi di bawah jok tidak sebesar Freego, namun tetap mampu menampung helm. Selain itu, Vario 125 masih menyediakan kompartemen depan yang dapat digunakan untuk meletakkan barang-barang kecil seperti botol minum, uang, dan lain sebagainya.

BACA JUGA:

Namun, kekurangan yang perlu diperhatikan dari Honda Vario 125 adalah posisi kaki yang kurang nyaman bagi pemilik dengan tinggi lebih dari 170 cm. Pada beberapa kasus, lutut bisa saja menyentuh kompartemen depan saat berkendara dalam posisi santai.

Mengusung Fitur Modern

Baik Freego maupun Vario 125, keduanya menawarkan serangkaian fitur modern yang memudahkan pengalaman berkendara. Keduanya sudah dilengkapi dengan lampu depan LED, panel instrumen digital, sistem answer back, dan teknologi penghemat bahan bakar.

Namun, ada perbedaan dalam fitur spesifik yang ditawarkan oleh masing-masing. Honda Vario 125 hadir dengan Idling Stop System (ISS) yang secara otomatis mematikan mesin saat motor berhenti selama tiga detik, sementara Yamaha Freego dilengkapi dengan Stop & Start System (SSS) yang aktif setelah motor berhenti selama lima detik.

Freego memiliki beberapa fitur yang tidak dimiliki oleh Vario 125, seperti lampu hazard, keyless ignition, Anti-lock Braking System (ABS), power charger, dan aplikasi My Yamaha. Fitur power charger sangat berguna untuk mengisi daya baterai smartphone saat sedang berkendara, sementara My Yamaha adalah aplikasi smartphone yang berguna untuk mencatat data servis dan memberikan pengingat untuk servis rutin.

BACA JUGA:

Salah satu fitur yang menjadi pembeda signifikan adalah ABS, yang meningkatkan keselamatan pengendara dengan mencegah roda terkunci saat pengereman mendadak. Namun, perlu dicatat bahwa fitur ABS hanya tersedia pada varian tertinggi dari kedua model.

Meskipun begitu, Honda Vario 125 juga memiliki keunggulan dengan kehadiran fitur-fitur seperti alarm dan Combi Brake System (CBS), yang mengintegrasikan sistem rem depan dan belakang untuk hasil pengereman yang lebih optimal dan aman.

Mesin 125cc, Mana yang Lebih Unggul?

Meskipun keduanya sama-sama menggunakan mesin berkapasitas 125cc dengan konfigurasi SOHC dan satu silinder, performa keduanya tetap berbeda. Jadi, antara Honda Vario 125 dan Yamaha Freego, siapakah yang layak dianggap sebagai pemenang?

Honda Vario 125 memiliki keunggulan dengan menggunakan sistem pendingin cairan. Mesinnya mampu menghasilkan torsi puncak hingga 10,8 Nm pada 5.000 rpm dan tenaga maksimal 11,1 PS pada 8.500 rpm.

BACA JUGA:

Sementara itu, mesin Yamaha Freego tidak menggunakan pendingin cairan. Motor matik ini mengadopsi mesin yang sama dengan yang digunakan oleh Mio M3, namun dengan tambahan teknologi Smart Motor Generator (SMG) untuk menjaga mesin tetap halus saat dihidupkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: