Mengenal Spesifikasi dan Harga Motor Benelli, Motor Garang dan Macho di 2024

Mengenal Spesifikasi dan Harga Motor Benelli, Motor Garang dan Macho di 2024

Motor Benelli--

JAKARTA,RADARPENA.CO.ID - Tentunya para penggemar motor itali sudah tidak asing dengan motor Benelli.

Ya, motor yang garang dan macho ini memang berasal dari negara seni klasik yang nyatanya siap bersaing dan berhasil meraih minat banyak konsumen di Indonesia.

Berikut ini adalah ulasan lengkapnya.

BACA JUGA:Awas! Ini Alasan Mengapa Boncengan Tiga Ketika Naik Motor Dilarang

Sejarah Benelli

Benelli merupakan salah satu merek motor tertua di dunia. Kisah Benelli ini dimulai pada 1911. Saat itu, Teresa Benelli, menginvestasikan semua modal keluarga untuk mendirikan bengkel dan memastikan pekerjaan stabil untuk enam putranya, Giuseppe, Giovanni, Filippo, Francesco, Domenico, dan Antonio Tonino Benelli. 

Awalnya hanya bengkel biasa. Tempat beberapa suku cadang untuk mobil dan sepeda motor juga dibangun di Pesaro, Italia. Namun, enam Benelli bersaudara memiliki ambisi yang jauh lebih tinggi, membangun sepeda motor. Delapan tahun kemudian, pada 1919, mesin pertama rakitan keluarga Benelli lahir, yakni dua stroke 75cc yang diterapkan pada rangka sepeda, namun tidak membuahkan hasil memuaskan. 

BACA JUGA:3 Daftar Teratas Motor Bebek Paling Dicari saat Ini yang Bisa Jadi Pilihanmu

Pada Desember 1921, sepeda motor Benelli asli pertama muncul, yakni Velomotore, sebuah motor ringan dua-stroke dua langkah yang disajikan dalam dua model, Touring dan Sport 125 cc. Lalu diikuti versi 147 cc pada 1923, di mana Tonino Benelli mulai memenangkan kejuaraan dan membuat merek ini terkenal di seluruh Eropa.

 

Pada Desember 2005, Benelli menjadi bagian dari perusahaan China Grup Q.J, Qianjiang. Kala itu, mereka adalah pemenang penghargaan sebagai eksportir sepeda motor terbaik tahun.  Qianjiang merupakan perusahaan yang berlokasi di Wenling. Di mana 14.000 orang memproduksi lebih dari 1.200.000 kendaraan dan dua juta mesin per tahun, di sebuah pabrik modern super besar sebagai kota. Sekitar 670.000 meter persegi area produksi dilengkapi bagian-bagian mesin manufaktur canggih yang diimpor dari Jerman, Italia, dan Amerika Serikat. 

BACA JUGA:Motor Listrik Buat Mudik? Simak Tips dan Persiapannya

Memiliki modal lebih dari 750 juta dolar AS, perusahaan terdaftar di bursa saham China sejak 1999 dan memproduksi juga sepeda listrik, mesin pemotong rumput, kereta golf, generator, pompa, dan peralatan berkebun lain. 20% dari produksinya diekspor ke luar negeri, termasuk Amerika dan Eropa. Qianjiang fokus pada kualitas dan telah memperoleh sertifikasi ISO 9001 yang diakui secara internasional sejak 1997.  Modal baru dan sinergi antara Italia dan China, Benelli Q.J. saat ini sedang mengerjakan beberapa proyek yang bertujuan meluncurkan kembali perusahaan asal Pesaro di pasar dunia. Pada 2011 Benelli merayakan keberhasilan seratus tahun pertamanya.  Di bawah naungan perusahaan China, Benelli sampai saat ini tetap eksis dan hadir di pasar global, termasuk Indonesia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: