Honda Vario 125 vs Yamah FreeGo: Duel Matic 125cc, Siapa Unggul?

Honda Vario 125 vs Yamah FreeGo: Duel Matic 125cc, Siapa Unggul?

Honda Vario 125 vs Yamah FreeGo: Duel Matic 125cc, Siapa Unggul?--Foto: ideogram.ai

Secara nominal, mesin Freego mampu menghasilkan torsi maksimal hingga 9,5 Nm pada 5.500 rpm dan tenaga 9,5 PS pada 8.000 rpm.

Meskipun secara spesifikasi mesin Vario 125 unggul, namun Freego memiliki keunggulan dalam bobot yang lebih ringan. Perbedaan bobotnya mencapai 11 Kg, dengan Freego memiliki bobot sekitar 100-102 Kg dan Vario 125 sekitar 111 Kg.

Dengan bobot yang lebih ringan, beban mesin Freego tentunya lebih sedikit. Ini berarti, dalam uji akselerasi, kemungkinan Freego tidak akan kalah jauh dari Vario 125. Namun, keputusan akhir tetap tergantung pada preferensi dan kebutuhan masing-masing pengendara.

BACA JUGA:

Mana Lebih Hemat Dompet?

Dalam hal harga, tampaknya Yamaha Freego memiliki keunggulan dengan penawaran yang lebih terjangkau dari pabrikan garputala. Mulai dari model standar yang dibanderol dengan harga sekitar Rp21,4 juta (OTR Jakarta).

Tidak hanya itu, Yamaha juga menawarkan beberapa varian lainnya, seperti Freego S yang dilengkapi dengan fitur Stop & Start System (SSS) dan keyless, dengan harga sekitar Rp21,5 juta (OTR Jakarta). Dan ada juga varian Freego S ABS, yang dibanderol sekitar Rp23,92 juta (OTR Jakarta), dilengkapi dengan sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) untuk meningkatkan keamanan.

Di sisi lain, Honda Vario 125 memiliki harga awal yang sedikit lebih tinggi, dimulai dari sekitar Rp22,55 juta (OTR Jakarta) untuk model standar. Sementara varian tertingginya dibanderol sekitar Rp24,45 juta (OTR Jakarta).

Perbedaan harga ini dapat diterima mengingat varian tertinggi dari Vario 125 dilengkapi dengan teknologi penghemat bahan bakar ISS-CBS, meskipun tidak dilengkapi dengan fitur ABS seperti yang ada pada Freego S ABS.

BACA JUGA:

Jadi, bagi mereka yang lebih mempertimbangkan faktor harga dalam pembelian, Yamaha Freego menawarkan pilihan yang lebih ekonomis, sementara Honda Vario 125 menawarkan sejumlah tambahan fitur dengan harga yang sedikit lebih tinggi.

Tentukan Pilihanmu

Untuk menentukan pilihan terbaik, perlu dipertimbangkan preferensi pribadi serta kebutuhan pengguna. Jika Anda mencari motor dengan reputasi yang terbukti dan performa yang handal, Honda Vario 125 mungkin menjadi pilihan yang lebih aman.

Namun, jika Anda menginginkan gaya yang lebih sporty dan fitur-fitur terbaru, Yamaha Freego bisa menjadi alternatif yang menarik.

Pada akhirnya, keputusan untuk membeli antara Honda Vario 125 dan Yamaha Freego harus didasarkan pada pertimbangan yang matang, dengan memperhitungkan kebutuhan dan preferensi individu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: