Maksimalkan Ibadah dan Berburu Pahala dengan Amalan Penting 10 Hari Terakhir Ramadhan

Maksimalkan Ibadah dan Berburu Pahala dengan Amalan Penting 10 Hari Terakhir Ramadhan

Amalan penting 10 hari terakhir Ramadhan --Foto : freepik.com

Kebiasaan ini tidak hanya dilakukan oleh Rasulullah, tetapi juga ditularkan kepada seluruh anggota keluarganya. Semua bersama-sama menikmati keindahan dan kesyahduan beribadah sepanjang malam, mengikuti teladan yang diberikan oleh Nabi Muhammad SAW.

BACA JUGA:

Hal ini sebagaimana penuturan Aisyah RA:

“Rasulullah SAW biasa ketika memasuki 10 Ramadan terakhir, beliau kencangkan ikat pinggang (bersungguh-sungguh dalam ibadah), menghidupkan malam-malam tersebut dengan ibadah, dan membangunkan istri-istrinya untuk beribadah.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

3. Perbanyak Membaca Al-Quran

Selama 10 hari terakhir Ramadhan, kita juga dianjurkan untuk memperbanyak membaca Al-Qur'an. Al-Qur'an adalah petunjuk hidup bagi umat Muslim dan membacanya merupakan ibadah yang sangat diberkahi oleh Allah. 

Tradisi mengejar khataman Al-Quran di akhir Ramadhan menjadi kebahagiaan tersendiri bagi pribadi muslim. Terutama bagi yang sibuk dengan pekerjaan, khataman Al-Quran sekali dalam setahun menjadi target realistis. 

Dengan membaca Al-Quran, kita dapat memahami ajaran-ajaran Islam, mendekatkan diri kepada Allah, dan meraih keberkahan di dunia dan di akhirat.

4. Memperbanyak Sedekah

Salah satu amalan yang sangat dianjurkan selama 10 hari terakhir Ramadhan adalah bersedekah. Bersedekah adalah tindakan memberikan sebagian harta kita kepada orang-orang yang membutuhkan. 

Allah SWT berfirman: “Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya, mereka berdoa kepada Tuhannya dengan rasa takut dan penuh harap, dan mereka menginfakkan sebagian dari rezeki yang Kami berikan kepada mereka.” (QS. As-Sajdah: 16)

BACA JUGA:

Di 10 hari terakhir, bersedekah tidak hanya berarti memenuhi kewajiban seperti zakat fitrah dan zakat mal, tetapi juga menggalakkan sedekah sunnah. 

Ini adalah kesempatan untuk berbagi kebahagiaan dengan memberikan bantuan makanan kepada dhuafa di hari raya Idul Fitri. 

Sedekah bisa berupa harta, makanan, pakaian, atau paket bantuan untuk yatim dan dhuafa. Tindakan ini tidak hanya membantu yang membutuhkan tetapi juga membawa berkah bagi yang memberi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: