Kamu Punya Asam Lambung atau Maag? Begini Cara Menghadapi Puasa Menurut dr Zaidul Akbar agar Tidak Kambuh

Kamu Punya Asam Lambung atau Maag? Begini Cara Menghadapi Puasa Menurut dr Zaidul Akbar agar Tidak Kambuh

Cara menghadapi puasa bagi penderita asam lambung atau maag menurut dr Zaidul Akbar--YouTube dr. Zaidul Akbar Official

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Bagi penderita asam lambung atau maag, biasanya mereka kesulitan ketika hendak puasa karena khawatir penyakit yang dideritanya akan kambuh.

Dr Zaidul Akbar, seorang penggagas Jurus Sehat Rasulullah (JSR), memberikan beberapa tips agar orang yang memiliki masalah asam lambung atau maag bisa mengikuti puasa dengan nyaman dan mengurangi risiko kambuhnya gejala asam lambung. 

Seperti yang kita ketahui bahwa asam lambung atau maag merupakan suatu kondisi di mana asam lambung yang berlebihan akibat gangguan pada lambung dapat merusak lapisan dinding lambung dan menyebabkan gejala seperti nyeri, sensasi terbakar, mual, dan kembung. 

Kondisi yang diakibatkan dari asam lambung ini dapat menjadi lebih parah saat puasa, karena pola makan dan waktu makan yang berbeda dari biasanya.

Berikut adalah cara menghadapi puasa untuk penderita asam lambung maupun maag menurut dr Zaidul Akbar, seperti dikutip Radarpena dari YouTube dr. Zaidul Akbar Official, pada Minggu, 17 Maret 2024.

BACA JUGA:

Dalam suatu kajian yang dibawakan oleh dr Zaidul Akbar, ada salah satu jemaah yang bertanya terkait cara menghadapi puasa bagi penderita asam lambung ataupun maag.

"Bagaimana yang punya asam lambung, maag, atau gerd, ketika nanti akan menghadapi puasa Ramadhan? Bukanya seperti apa, sahurnya seperti apa?" tanya salah satu jamaah kepada dr Zaidul Akbar.

Menanggapi pertanyaan tersebut, dr Zaidul Akbar pun langsung menjawabnya dengan jawaban yang memuaskan.

"Jadi kalau ditanya, kalau saya punya penyakit lambung, maag seperti itu, kalau mau puasa bagaimana? Maka pertama, ikhlaskan niat berpuasa karena Allah. Kedua, ikuti pola-pola atau petunjuk-petunjuk nabi yang berkaitan dengan puasa, baik sewaktu buka maupun sahur," jelas dr Zaidul Akbar.

Selain dua poin tersebut, dr Zaidul Akbar pun merinci ramuan-ramuan yang bisa dikonsumsi bagi penderita asam lambung maupun maag saat menghadapi puasa Ramadhan.

"Ini air madu dan garam, salah satu minuman yang baik untuk gangguan lambung," lanjutnya sambil menunjuk gelas berisi ramuan air yang dicampur dengan madu dan garam.

BACA JUGA:

Tak hanya ramuan air madu garam saja, ia pun memberi resep lainnya yang dapat dikonsumsi oleh penderita asam lambung dan maag ketika berbuka puasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: youtube dr. zaidul akbar official