Cek Harga Mobil Listrik dari Termurah sampai Termahal di 2024

Cek Harga Mobil Listrik dari Termurah sampai Termahal di  2024

--

JAKARTA,RADAARPENA.DISWAY.ID - Pemerintah terus berupaya menggenjot investasi hingga populasi dari mobil listrik dengan berbagai insentif yang diterbitkan. Namun, nyatanya tidak semua merek mendapatkan insentif tersebut. Di pasar Indonesia, kini terdapat berbagai model dan harga mobil listrik mulai dari termurah hingga termahal.

Di pasar Indonesia, kini terdapat berbagai model dan harga mobil listrik mulai dari termurah hingga termahal. Salah satu insentif yang diberikan adalah melalui Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No. 8/2024 tentang Pajak Pertambahan Nilai atau PPN mobil listrik yang ditanggung pemerintah atau PPN DTP tahun anggaran 2024.

Aturan tersebut memberikan potongan PPN dari yang seharusnya 11% menjadi hanya 1% dengan syarat produk mobil listrik harus memenuhi syarat minimal Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) 40%.

Beberapa produk yang sudah memenuhi syarat tersebut adalah Hyundai Ioniq 5, Wuling Binguo dan Air ev, serta Chery Omoda E5. Di satu sisi, pemerintah juga menerbitkan PMK 9/2024 tentang Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) Atas Impor dan/atau Penyerahan Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah Berupa Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Roda Empat Tertentu. Melalui aturan ini, impor mobil listrik baik secara completely built up (CBU) maupun completely knocked down (CKD) dibebaskan bea masuk, dan juga tarif PPnBM. Mobil listrik asal China, BYD disebut-sebut sudah menikmati insentif ini bersama dengan Morris Garage (MG).

BACA JUGA:KPU Ajukan Permohonan ke Presiden Jokowi untuk Pemungutan Suara Ulang di Malaysia

BACA JUGA: Doa Rasulullah SAW, Menyambut Bulan Suci Ramadan Bulan yang Mulia

BACA JUGA:Outfit Ramadan Paling Banyak Diburu di Thamrin City: Outer Tile hingga Gamis Pompom, Harga Mulai Rp950 Ribu

 

Produk mobil listrik yang dipasarkan oleh BYD di Indonesia adalah Dolphin, Atto3, dan Seal. Sementara MG memasarkan produk MG 4 EV, dan MG ZS EV. Terlepas dari kebijakan insentif tersebut, sudah banyak mobil listrik yang telah diedarkan.

Pilihan mobil listrik di Indonesia terus bertambah. Bahkan, mulai banyak yang diproduksi atau dirakit secara lokal.

Daftar harga mobil listrik di Indonesia cukup bervariasi. Mulai dari yang paling murah di bawah Rp200 juta hingga termahal di kisaran Rp3,9 miliar. Beragamnya harga mobil listrik di Indonesia sesuai dengan spesifikasi kendaraan dan pangsa pasar yang diincar. Jenisnya pun bermacam-macam dari berbagai pabrikan berbeda.

Harga Mobil Listrik Lexus 

UX 300e: Rp1,24 miliar 

RZ 450e: Rp 2,28 miliar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: