Intip Harta Kekayaan Tom Lembong, Eks Menteri Jokowi yang Kini Jadi Timses AMIN

Intip Harta Kekayaan Tom Lembong, Eks Menteri Jokowi yang Kini Jadi Timses AMIN

Mantan menteri era dan penulis pidato Jokowi Tom Lembong yang disebut Gibran Rakabuming pada Debat Capre keempat, diketahui memiliki harta kekayaan mencapai Rp 101 miliar-Foto:Dok.Disway.id-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Tom Lembong memiliki nama lengkap Thomas Trikasih Lembong yang kini menjadi sorotan usai namanya disebut oleh Calon Wakil Presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka dalam debat Cawapres pada Minggu 21 Januari 2024 lalu.

Dalam sesi debat tersebut, Gibran mengungkapkan bahwa Cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, diduga mencontek catatan yang dibuat oleh Tom Lembong.

Tom Lembong diketahui menjadi penulis pidato untuk Jokowi mulai saat menjabat sebagai gubernur sampai pada masa jabatan pertama sebagai presiden. Pidato hasil tulisan Tom untuk Jokowi yang paling ikonik adalah pidato 'Game of Thrones' pada pertemuan IMF-Bank Dunia 2018 dan pidato 'Thanos' di Forum Ekonomi Dunia.

BACA JUGA:Intip Harta Kekayaan Idham Mase, Kena Gugat Cerai Catherine Wilson Lantaran Tak Dinafkahi

Di Agustus 2015, Jokowi menunjuk Tom sebagai Menteri Perdagangan Indonesia sampai Juli 2016. Kemudian pada bulan Juli tahun 2016 sampai Oktober 2019, Tom menjabat sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Sebagai seorang mantan menteri, Tom Lembong telah memenuhi kewajibannya untuk melaporkan Harta Kekayaannya sesuai dengan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 1999 tentang Penyelenggara Negara yang Bersih dan Bebas dari Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (UU PNBKKN).

Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) menjadi bagian krusial dalam upaya pencegahan korupsi, dengan penyampaian LHKPN dilakukan setiap tahun, pada tanggal 31 Maret tahun berikutnya.

Berdasarkan data dari laman e-LHKPN pada Senin, 22 Januari 2024, Tom Lembong terakhir kali melaporkan Harta Kekayaannya pada 30 April 2020, khususnya saat menjabat sebagai Kepala BKPM.

BACA JUGA:Profil Ridwan Mansyur, Hakim MK yang Baru Di Lantik Jokowi, Segini Harta Kekayaannya

BACA JUGA:Dilantik Jokowi Sebagai Kepala BNN, Intip Sepak Terjang dan Harta Kekayaan Marthinus Hukom

Dari laporan tersebut, terungkap bahwa total Harta Kekayaan Tom Lembong mencapai Rp101 Miliar, dengan surat berharga menjadi penyumbang terbesar. Meskipun demikian, dalam LHKPN-nya Tom Lembong tidak memiliki kepemilikan tanah dan bangunan, alat transportasi, serta mesin.

Rinciannya, pundi-pundi tersebut terdiri dari harta bergerak lainnya sebesar Rp180,99 juta, surat berharga sebesar Rp94,53 miliar, kas dan setara kas sebesar Rp2,09 miliar, dan harta lainnya sebesar Rp4,77 miliar. Tom juga tercatat memiliki utang sebesar Rp86,89 juta.

Sementara itu, jumlah tanah dan bangunan serta alat transportasi dan mesin tercatat Rp 0.

Berikut rincian harta kekayaan Thomas Trikasih Lembong atau Tom Lembong berdasarkan laporan LHKPN:

  • Tanah dan Bangunan               = Rp 0
  • Alat transportasi dan mesin     = Rp 0
  • Harta bergerak lainnya            = Rp 180.990.000,-
  • Surat berharga                       = Rp 94.527.382,-
  • Kas dan setara kas                 = Rp  2.099.016.322,-
  • Harta lainnya                         = Rp 4.766.498.000,-
  • Sub Total LHKPN  (Rp101.486.990.994,-)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: