Tips Meningkatkan Kecerdasan Otak Pada Anak Dengan Mudah

Tips Meningkatkan Kecerdasan Otak Pada Anak Dengan Mudah

JAKARTA, RADARPENA -  Memiliki anak yang cerdas mungkin dambaan setiap orang tua, bahkan banyak yang beranggapan bahwa IQ merupakan bawaan dari lahir dan tidak dapat ditingkatkan.

Sebenarnya hal ini adalah pernyataan yang keliru, karena IQ anak dapat diasah dan ditingkatkan melalui latihan-latihan tertentu.

Namun banyak orang tua yang belum mengetahui cara meningkatkan IQ pada anak dan akan merasa bahwa hal itu hanyalah sia-sia.

Oleh karena itu, orang tua harus mempelajari hal-hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berpikir anak.

Adapun beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kecerdasan anak yaitu sebagai berikut:

Berikan Beberapa Pertanyaan Untuk Memancing Ide Anak

Tanyakan kepada anak beberapa pertanyaan, seperti bagaimana harinya di sekolah, atau dimana liburan terbaik menurutnya. Hal ini akan mendorong anak Anda untuk memikirkan ide-ide baru yang dapat membantu menciptakan hubungan saraf baru di otak.

Memprioritaskan Jam Tidur Anak

Jika anak Anda tidak memiliki waktu yang cukup untuk tidur, dirinya mungkin akan kehilangan kemampuan otak yang berharga. Tidur mempengaruhi setiap aspek fungsi kognitif anak, termasuk perhatian, memori, pemecahan masalah dan pengambilan keputusan.

Penelitian telah menunjukkan bahwa anak-anak yang tidak mendapatkan cukup tidur lebih mungkin untuk berperilaku buruk di sekolah dan kesulitan memusatkan perhatian pada pelajaran.

Mengenalkan Kebiasaan Membaca

Semakin anak banyak membaca, maka semakin pintar dikemudian hari. perkenalkan mereka pada buku-buku dari berbagai jenis sejak dini, kelilingi mereka dengan berbagai buku bacaan atau bacakan mereka dengan berbagai buku cerita untuk mengembangkan minat, meningkatkan kecerdasan otak dan juga imajinasi mereka.

Selain itu, membaca juga dapat meningkatkan perspektif dan keterampilan belajar anak. Mama dapat membacakan cerita kemudian mengajukan berbagai pertanyaan untuk melihat reaksi dan emosinya terhadap cerita tersebut.

Bermain Puzzle dan Teka-Teki

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: