Kenali Manfaat Brain Gym yang Bantu Optimalkan Fungsi Kognitif pada Anak

Kenali Manfaat Brain Gym yang Bantu Optimalkan Fungsi Kognitif pada Anak

Ilustrasi salah satu contoh senam otak pada anak.-Foto: Freepik.com-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Senam otak dapat dilakukan untuk menambah kecerdasan dan kepintaran anak pada umumnya. Dengan melakukan senam otak diharapkan anak yang memiliki masalah seperti penyakit ADD, hiperaktif, sulit konsentrasi, depresi, atau kerusakan otak kemungkinan dapat menjadi solusi. 

Anak-anak usia sekolah merupakan anak-anak yang sedang belajar di sekolah. Anak-anak ini tergolong pada tahap perkembangan akhir masa kanak-kanak sebelum memasuki usia remaja. 

Senam otak merupakan metode serangkaian latihan berbasis gerakan tubuh sederhana untuk membantu daya ingat anak usia sekolah. Tujuan pengabdian masyarakat ini yaitu untuk meningkatkan daya ingat pada anak usia sekolah.

Dalam praktiknya, brain gym melibatkan serangkaian tugas dan tindakan dasar yang perlu dilakukan oleh otak. Latihan ini meliputi berbagai gerakan yang berfokus pada menstimulasi fungsi telinga, mata, kepala, anggota tubuh, serta koordinasi tubuh secara keseluruhan.

BACA JUGA:

Aktivitas ini memiliki kemampuan unik untuk merangsang aliran darah ke otak, yang pada akhirnya meningkatkan suplai oksigen ke area-area penting dalam otak. Efek ini membantu memelihara kesehatan otak dan mendukung perkembangan kognitif yang optimal. 

Senam otak tidak hanya terbatas pada kelompok usia tertentu. Baik anak-anak maupun orang dewasa bisa mendapatkan manfaat penting dari latihan ini. Dan ternyata senam otak juga dibutuhkan oleh anak-anak.

Menurut sebuah hasil riset, melakukan senam jenis ini secara rutin pada anak-anak akan memberikan beberapa keuntungan sebagai berikut:

  • Membantu agar otak kanan dan kiri bisa bekerja secara seimbang
  • Membantu meningkatkan fungsi dan kerja otak
  • Meningkatkan keseimbangan, koordinasi gerak otot, dan keterampilan motorik halus
  • Membantu konsentrasi
  • Memperkuat fungsi pendengaran
  • Meningkatkan memori

Dengan senam ini, anak akan menjadi cerdas dan mampu mengoordinasikan fungsi otak dan gerakan tubuhnya dengan baik sehingga gerakan motorik halus dan kasarnya bisa lebih seimbang. Bila mampu mengunakan otak dan tubuh dengan baik, maka ia pun akan sanggup menyelesaikan semua masalah yang dihadapinya.

Nah, berikut beberapa jenis gerakan yang perlu dilakukan. Anda bisa mengajak si Kecil melakukannya bersama-sama:

Menggambar dengan dua tangan (double-doodle)

Anda dapat mengeksplorasi potensi anak dalam seni menggambar dengan mengajaknya untuk mencoba double doodle. Caranya, mintalah anak menggambar pada kertas besar menggunakan kedua tangannya secara bersamaan.

Jika anak berhasil menciptakan bentuk yang unik, ajaklah anak untuk mengamati hasil karyanya.

Contoh brain gym yang satu ini bermanfaat untuk menstimulasi kemampuan belajar anak, sambil juga membantu ia memperoleh pemahaman yang lebih mendalam terhadap simbol-simbol tulisan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: