Kenali Manfaat Brain Gym yang Bantu Optimalkan Fungsi Kognitif pada Anak

Kenali Manfaat Brain Gym yang Bantu Optimalkan Fungsi Kognitif pada Anak

Ilustrasi salah satu contoh senam otak pada anak.-Foto: Freepik.com-

Abjad 8 (alphabet 8’s)

Ajak si Kecil membuat simbol 8 dalam posisi tidur. Bentuk angka 8 ini mewakili dasar pembuatan huruf-huruf yang ada dalam alfabet. Misalnya, untuk membuat huruf “a”, “c”, “d” dan “e”, anak harus bisa lancar membuat bentuk lengkung ke kiri. Sedangkan saat menulis simbol huruf “b”, “n”, dan “p”, dia akan lebih banyak menggores ke arah kanan.

Gerakan yang dilakukan saat membuat angka 8 dalam posisi tidur akan mengasah kemampuan si Kecil dalam menulis. Aktivitas ini juga membantu mempercepat kinerja otaknya dalam berpikir kreatif.

Cross Crawl

Cross crawl adalah latihan sederhana yang bisa dilakukan sambil duduk atau berdiri. Ajak anak untuk menyentuhkan siku tangan kiri ke lutut kanan, kemudian siku tangan kanan ke lutut kiri.

Latihan ini efektif apabila dilakukan secara perlahan. Gerakan yang lambat dapat meningkatkan koordinasi dan perhatian si Kecil. Tidak hanya itu, anak yang berlatih cross crawl juga cenderung memiliki kemampuan konsentrasi yang lebih baik ketika berada di lingkungan sekolah.

The Elephant

Untuk memulai latihan brain gym ini, ajak anak untuk merentangkan salah satu tangan ke depan. Pertahankan garis lurus pada lengannya, kemudian tempelkan sisi lengan tersebut ke telinga di sisi yang sama. Selanjutnya, arahkan tangan anak yang terentang ke depan untuk bergerak mengikuti angka 8.

Lakukan gerakan ini sekitar 3 kali. Ulangi gerakan ini dengan tangan yang satunya. Gerakan the elephant berguna untuk menjaga keseimbangan antara pikiran dan tubuh anak. Latihan ini juga meningkatkan kemampuan berpikir anak, meningkatkan keterampilan dalam mengamati detail, serta melatih daya ingat jangka pendek dan jangka panjangnya.

Gerak Diagonal

Anda bisa menggerakkan kaki kanan dan tangan kiri secara bersamaan. Gerakkan badan ke depan, ke samping, ke belakang dan arahkan mata ke semua jurusan. Ajak si Kecil untuk menirukan Anda.

Mungkin awalnya dia akan kesulitan untuk mengikuti. Namun anda harus bersabar dan melakukan gerakan berulangkali. Gerakan diagonal ini mampu membantu pengembangan fungsi indera pendengaran dan penglihatan, serta kemampuan gerak. Dampak positifnya adalah daya ingat serta kemampuan membaca, mendengar,dan menulis si Kecil juga akan meningkat.

Putar Kepala (neck roll)

Tundukkan kepala ke arah depan lalu secara perlahan putar sisi demi sisi. Tengadahkan kepala ke arah belakang kemudian lakukan gerakan putaran ke kanan dan ke kiri. Ulangi gerakan dengan posisi bahu lebih rileks atau diturunkan.

Aktivitas ini mudah dilakukan tetapi tetap harus hati-hati. Fungsi gerakan ini yakni untuk meningkatkan pernafasan, merelaksasikan otot leher, mengurangi stres, dan meningkatkan kemampuan berbicara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: