Tips Meningkatkan Kecerdasan Otak Pada Anak Dengan Mudah

Tips Meningkatkan Kecerdasan Otak Pada Anak Dengan Mudah

Cara selanjutnya untuk meningkatkan IQ anak yaitu dengan memainkan permainan puzzle atau teka-teki. Permainan tersebut wajib dimiliki oleh anak-anak karena berpengaruh terhadap tumbuh kembang otak.

Saat kegiatan sekolah usai, berikan permainan ini untuk mengisi waktu luang anak-anak. Kelebihan dari permainan puzzle dan teka-teki untuk mengasah IQ anak yaitu anak-anak akan merasa menikmatinya. Inilah yang disebut dengan belajar sambil bermain.

Bermain puzzle ternyata dapat meningkatkan kecerdasan spasial yang berpengaruh terhadap kemampuan dalam memahami teknologi dan matematika. Dalam memainkan puzzle atau teka-teki, anak sudah dilatih untuk memecahkan masalah.

Anak harus menyusun balok-balokan acak menjadi sesuatu yang terstruktur. Jika hal ini dilakukan terus-menerus maka kemampuan otak anak akan meningkat. Anak juga akan lebih mudah untuk memecahkan masalah.

Membangun Interaksi Dengan Anak

Cara meningkatkan IQ anak selanjutnya yaitu dengan menjalin interaksi yang kuat antara anak dan orang tua. Bahkan dapat dikatakan bahwa interaksi orang tua dan anak menjadi kunci utama yang mempengaruhi proses tumbuh kembang anak.

Ada banyak bentuk interaksi yang dapat dilakukan mulai dari mengobrol dua arah, memeluk anak, mendengarkan saat anak bicara, dan lain-lain. Ternyata interaksi yang demikian dapat membentuk rasa kepercayaan diri pada anak sehingga anak dapat mengekspresikan apa yang ada di pikiran mereka.

Berikan Asupan Vitamin untuk Kecerdasan Otak Anak dengan Sayuran dan Buah Sehat

Selain kaya antioksidan, buah dan sayuran juga dapat melindungi perkembangan otak anak. Penelitian di Inggris menunjukkan bahwa anak-anak yang rutin mengonsumsi buah dan sayuran memiliki IQ yang cenderung lebih tinggi.

Ajak Anak Berolahraga

Aktivitas fisik yang teratur bermanfaat terhadap kesehatan secara keseluruhan dan juga fungsi otak. Sebuah penelitian terbaru di Medical College of Georgia di Augusta menemukan bahwa ketika anak-anak yang kelebihan berat badan pada usia 7 sampai 11 dan berolahraga selama 20 atau 40 menit sehari, mengalami perbaikan fungsi kognitif otak setelah 13 minggu.

Hal tersebut terjadi karena gerak mengaktifkan daerah penting di otak yang mempengaruhi daya pikir anak. Ajak anak untuk melakukan olahraga pilihannya atau ajaklah anak bersepeda secara rutin.

Demikianlah, ringkasan tips meningkatkan kecerdasan otak pada anak dengan mudah yang dapat orang tua lakukan agar daya ingat anak semakin meningkat. Selamat mencoba.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: