7 Makanan yang Baik Untuk Kecerdasan Otak dan Tumbuh Kembang si Kecil, Simak Yuk Bun!

7 Makanan yang Baik Untuk Kecerdasan Otak dan Tumbuh Kembang si Kecil, Simak Yuk Bun!

Ilustrasi makanan tinggi protein--unsplash.com

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Otak merupakan organ tubuh yang menyerap banyak nutrisi dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Maka dari itu, memberikan asupan nutrisi yang tepat dapat membantu perkembangan otak anak menjadi lebih maksimal. 

Beberapa jenis makanan diketahui dapat mendukung perkembangan otak anak di usia pertumbuhan dan memperbaiki fungsi, daya ingat, serta konsentrasinya. Faktanya, anak-anak perlu mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang selama masa pertumbuhan. 

Hal ini tidak hanya baik untuk pertumbuhan fisik anak, tetapi juga bisa mengoptimalkan perkembangan otaknya. Dengan begitu, si kecil bisa tumbuh menjadi anak yang cerdas serta memiliki daya ingat yang kuat. 

Faktanya, anak-anak perlu mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang selama masa pertumbuhan. Hal ini tidak hanya baik untuk pertumbuhan fisik anak, tetapi juga bisa mengoptimalkan perkembangan otaknya. Dengan begitu, Si Kecil bisa tumbuh menjadi anak yang cerdas serta memiliki daya ingat yang kuat.  

BACA JUGA:

Ada beberapa jenis makanan untuk kesehatan otak anak dan tumbuh kembangnya yang bisa dikonsumsi setiap hari, antara lain:  

Telur

Kuning telur memiliki kandungan protein yang sangat baik untuk menunjang pertumbuhan otak anak. Telur juga mengandung kolin yang mampu menajamkan daya ingat.

Susu dan Yoghurt

Susu dan yoghurt mengandung vitamin B, vitamin D, dan protein yang dapat mendukung perkembangan jaringan otak. Vitamin D di dalam kedua asupan ini juga bermanfaat untuk mendukung pertumbuhan tulang dan giginya. Nah, itulah makanan yang bisa membantu perkembangan otak anak. Bunda bisa memasukkan pilihan makanan di atas ke dalam menu makan hariannya. Supaya Si Kecil tidak bosan, sajikanlah dalam variasi olahan yang berbeda, ya.

Oatmeal

Oatmeal adalah salah satu menu sarapan populer untuk anak. Oatmeal sarat akan nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangan otak. Gandum menyediakan energi atau bahan bakar untuk otak yang dibutuhkan anak pada pagi hari. Selain itu, oatmeal juga merupakan sumber vitamin E, B, kalium, dan zinc yang membuat tubuh dan otak kita berfungsi dengan kapasitas penuh.

Buah Beri

Orang tua juga bisa selalu menyediakan buah beri di rumah. Secara umum, semakin intens warna yang dikeluarkan, semakin banyak nutrisi yang dimiliki buah beri. Buah beri kaya akan antioksidan, khususnya vitamin C. Studi menunjukkan, ekstrak blueberry dan stroberi dapat meningkatkan kemampuan memori seseorang. Biji beri juga kaya akan omega-3 yang baik untuk otak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: