Jarang Diketahui Banyak Orang, Inilah Keuntungan dan Prospek Masa Depan Lulusan Teknik Otomotif

Sabtu 07-10-2023,16:00 WIB
Reporter : Verly
Editor : Dimas Satriyo

 

BACA JUGA:

 

Dampak Positif Menguasai Teknik Otomotif

Tidak heran jika banyak dari kita yang mengambil jurusan otomotif memiliki keahlian khusus dari bidang yang berbeda. Tak hayal hal tersebut menjadi keuntungan tersendiri bagi kita.

Keuntungan Pengetahuan dan keahlian kita akan sangat bermanfaat, pasalnya kita bisa menjadi lebih tekun dan teliti. Dalam permasalahan pada kendaraan kita dapat mengetahui penyebab eror sitem sehingga tidak perlu kebingungan untuk memecahkan masalah.

Tidak hanya itu saja, kita akan terbiasa untuk mampu melakukan pekerjaan secara terstruktur dan terukur serta memiliki kemampuan berpikis dan detail.

Hal itu didasari karena dengan menguasai kemampuan merancang dan melakukan pemeliharaan sistem otomotif tentu kemampuan analisa dan riset kita sudah tidak perlu diragukan lagi.

Tidak selalu dan tidak semua bahwa lulusan jurusan teknik otomotif hanya bekerja di bengkel. Tentunya ada banyak peluang karier yang lebih luas dan menarik mengingat ilmu yang dipelajari mencakup pengembangan, perancangan desain dan teknis, hingga perawatan dan produksi.

Industri mobil di Indonesia telah mampu memproduksi jutaan unit per tahun. Meski kerap mengalami penurunan di tahun tertentu, tetapi secara umum terus meningkat. Nah, semakin tinggi kapasitas produksi nantinya, tentu peluang untuk penyerapan tenaga kerja akan semakin tinggi.

Semakin banyak kendaraan, maka tingkat polusi udara kian parah sedangkan cadangan bahan bakar minyak menipis. Hal ini membuat adanya kebutuhan akan kendaraan ramah lingkungan, sehingga membutuhkan tenaga ahli profesional bidang otomotif.

Pada jurusan ini, kita bukan hanya sekedar mempelajari tentang hal-hal teknik otomotifnya saja tetapi juga mengasah kreatifitas.

 

BACA JUGA:

 

Prospek Pekerjaan Masa Depan

Ilmu yang akan dipelajari di jurusan ini mulai dari pengembangan, perancangan desain dan teknis, perawatan dan produksi, maka peluang kerjanya pun tidak main-main. Selain terjun langsung mengurus hal-hal teknis, lulusan Teknik Otomotif juga bisa bekerja dengan duduk di belakang komputer dengan menjadi maintenance planner sampai dengan desainer.

Secara umum, prospek kerja lulusan Teknik Otomotif biasanya tidak akan jauh-jauh dari persoalan teknologi dan mesin. Selain pastinya bisa bekerja di bidang industri otomotif, lulusannya juga bisa berkecimpung di dunia penelitian, pendidikan, atau bahkan berwirausaha.

Kategori :