Cara Mudah Mengolah Daun Kelor untuk Penderita Diabetes, Bisa Dilakukan di Rumah!

Cara Mudah Mengolah Daun Kelor untuk Penderita Diabetes, Bisa Dilakukan di Rumah!

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun kelor memiliki potensi dalam membantu mengelola kadar gula darah pada penderita diabetes.--Kadin Kabupaten Pangandaran

  • JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Daun kelor, tanaman yang dikenal dengan sejuta manfaatnya telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk berbagai penyakit, termasuk diabetes. 

Kandungan nutrisi yang kaya, seperti vitamin, mineral, antioksidan, dan senyawa bioaktif lainnya, membuat daun kelor menjadi bahan alami yang menarik untuk diteliti.

BACA JUGA:6 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Bantu Daya Ingat

BACA JUGA:Ini Perbedaan Daun Kelor dan Daun Katuk: Mirip Sekilas, Beda Manfaatnya

Sebagai pengingat, informasi yang disajikan dalam artikel ini hanya bersifat edukatif dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti saran medis. 

 

Selalu konsultasikan dengan dokter Anda sebelum membuat keputusan terkait kesehatan Anda.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun kelor memiliki potensi dalam membantu mengelola kadar gula darah pada penderita diabetes. 

Beberapa mekanisme yang diyakini bekerja antara lain:

1. Meningkatkan Sensitivitas Insulin

Daun kelor dapat membantu meningkatkan sensitivitas sel terhadap insulin, hormon yang berperan dalam mengatur kadar gula darah.

2. Menghambat Enzim α-glukosidase

Enzim ini berperan dalam memecah karbohidrat menjadi glukosa. Dengan menghambat enzim ini, daun kelor dapat memperlambat penyerapan gula ke dalam darah.

3. Menurunkan Kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko komplikasi diabetes. Daun kelor dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: