6 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Bantu Daya Ingat

6 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Bantu Daya Ingat

Manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh-Foto: Instagram.com/@keranjangveggie-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Daun kelor mengandung protein nabati sebanyak 2 gram per mangkuk (21 gram). Anda dapat menggunakannya sebagai jamu, teh herbal, atau suplemen. Ada juga yang menggunakannya untuk membuat masakan.

Daun kelor (Moringa oleifera) adalah anugerah alam yang kaya akan nutrisi dan memiliki sejarah panjang sebagai pemberdayaan kesehatan alami. Mari kita telusuri manfaat menakjubkan dari daun kelor ini.

Nutrisi yang terkandung di dalam daun kelor memengaruhi manfaat kesehatannya. Selain antioksidan, daun kelor juga mengandung vitamin dan mineral seperti magnesium, zat besi, Vitamin B6, Vitamin B2, Vitamin C, dan Vitamin A.

Daun kelor seperti biji, kulit kayu, akar, getah dan bunganya telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional di seluruh Asia Selatan dan Asia Tenggara.

BACA JUGA:

1. Tingkatkan Daya Ingat

Ada keyakinan bahwa zat kimia dan antioksidan daun kelor dapat membantu mengatasi peradangan dan stre di otak.

Daun kelor juga memiliki kandungna protein yang tinggi, yang dapat membantu meningkatkan produksi neurotransmitr.

Ini akan berdampak pada suasana hati, perasaan, dan kemampuan belajar. Daun kelor juga dapat meningkatkan daya ingat dengan mengubah aktivitas enzim di bagian otak yang bertanggung jawab atas memori dan pembelajaran.

2. Kurangi Peradangan

Daun kelor juga membantu mengurangi peradangan.  Para ilmuwan menganggap isothiocyanate sebagai senyawa anti-inflamasi utama pada daun kelor, polong, dan biji-bijian. 

Kelor mengurangi peradangan dengan menekan enzim peradangan dan protein dalam tubuh. Selain itu, konsentrat daun kelor dapat menurunkan peradangan dalam sel secara signifikan.

Tetapi, perlu diketahui bahwa peradangan dapat menjadi masalah kesehatan utama jika terus berlanjut dalam jangka waktu yang lama.

3. Jaga Kesehatan Kulit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: