Dapat Menjaga Kesehatan Jantung, inilah Manfaat Bunga Melati yang Penting untuk Diketahui!

Dapat Menjaga Kesehatan Jantung, inilah Manfaat Bunga Melati yang Penting untuk Diketahui!

Ilustrasi bunga melati yang baik untuk kesehatan. --Pinterest.com

Meredakan Sakit Menstruasi 

Mencampurkan beberapa tetes minyak esensial bunga melati dengan minyak wijen dan mengoleskannya pada perut bagian bawah dapat membantu meredakan sakit ketika menstruasi. Aromaterapi dengan keharuman bunga melati juga bisa membantu meredakan rasa sakit sebelum dan selama menstruasi.

Menurunkan Berat Badan 

Bunga melati dapat dikonsumsi untuk menurunkan berat badan. Dalam daun tanaman bisa mencegah penambahan berat badan. Minuman teh ini dapat mempercepat metabolisme tubuh dan membakar kelebihan lemak.

Menjaga Kesehatan Kulit

Salah satu manfaat bunga melati yang sudah dikenal sejak dulu adalah menjaga kesehatan kulit. Bunga melati mengandung minyak esensial alami yang dipercaya dapat melembapkan, mengatasi peradangan, dan membasmi kuman di kulit.

Beberapa riset pun menunjukkan bahwa bunga melati bermanfaat untuk mencegah penuaan dini dan kulit kering, serta membantu proses pemulihan luka. Untuk mendapatkan manfaat bunga melati yang satu ini, Anda bisa menggunakan pelembap, serum wajah, atau minyak esensial yang terbuat dari bunga melati.

BACA JUGA:

Menjaga Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah

Sama halnya dengan teh hijau dan teh hitam, teh bunga melati juga memiliki kandungan antioksidan polifenol yang mampu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh dan mengurangi risiko terkena penyakit kardiovaskular, seperti stroke dan serangan jantung. Untuk menikmati manfaat ini, Anda bisa mengonsumsi teh bunga melati sebanyak 1–3 cangkir per hari.

Menyehatkan Sistem Pencernaan 

Menurut Indigo Herbs, melati memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan yang berinteraksi dengan enzim pencernaan dapat memfasilitas penyerapan nutrisi yang lebih baik dan meningkatkan fungsi usus yang sehat.

Bunga melati juga dapat mendorong pertumbuhan bakteri baik di usus dan terbukti membantu menghilangkan bakteri berbahaya. Kualitas antispasmodik dari bunga melati juga dapat membantu meredakan gangguan penceranan, kram perut dan meredakan peradangan.

Menyehatkan Rambut 

Bunga melati bisa membantu menyehatkan rambut sekaligus membuat tampilannya menjadi lebih rapi. Caranya, ambil 20 hingga 25 bunga melati, kemudian rebus dalam air. Setelah dingin, bilas rambut menggunakan air tersebut untuk memberikan manfaat kelembapan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: