8 Manfaat Jus Timun untuk Tubuh, Salah Satunya Bantu Kurangi Keriput di Wajah

8 Manfaat Jus Timun untuk Tubuh, Salah Satunya Bantu Kurangi Keriput di Wajah

Manfaat jus timun untuk kesehatan tubuh-Foto: Pinterest.com/@stylecraze-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Mentimun, timun, ketimun, atau bonteng (Cucumis sativus L. suku labu-labuan atau Cucurbitaceae) merupakan tumbuhan yang menghasilkan buah yang dapat dimakan.

Buahnya biasanya dipanen ketika belum masak benar untuk dijadikan sayuran atau penyegar, tergantung jenisnya.

Mentimun dapat ditemukan di berbagai hidangan dari seluruh dunia dan memiliki kandungan air cukup banyak di dalamnya sehingga berfungsi menyejukkan.

Potongan buah mentimun juga digunakan untuk membantu melembapkan wajah serta banyak dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Timun bisa jadi salah satu minuman yang bisa dikonsumsi dengan cara dijus.

Untuk membuat jus mentimun yang segar dan manis kamu dapat menyiapkan sebanyak kurang lebih 235 ml air putih, 123 gram gula, 1 buah timun berukuran sedang, dan 6 buah lemon yang diambil airnya.

Selanjutnya, kamu perlu merebus air dan gula hingga larut kemudian dinginkan. Setelah itu, blender timun hingga lembut dan tuangkan air gula tersebut.

Jika sudah lembut kamu dapat menuangkannya ke dalam gelas dan tambahkan air perasan lemon.

BACA JUGA:

Mengandung Antioksidan

Timun mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh. Sebagai informasi, antioksidan mampu menangkal radikal bebas yang memicu sejumlah penyakit berbahaya, seperti jantung, paru-paru, dan autoimun.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh  

Jus mentimun memberikan banyak mineral, hormon, dan senyawa yang bisa melindungi tubuh dari berbagai penyakit.  Antioksidan dalam mentimun juga bisa melindungi tubuh Anda dari infeksi virus. 

Menurunkan Tekanan Darah

Bagi detikers yang memiliki tekanan darah tinggi, timun bisa jadi solusinya. Sebab, timun kaya akan serat, kalium, dan magnesium yang dipercaya dapat menurunkan tekanan darah.

Selain itu, sejumlah peneliti menemukan bahwa kandungan kalium dan airnya yang tinggi membuat sifat diuretiknya menjadi ringan, sehingga dapat membantu mengatur tekanan darah.

Menurunkan Gula Darah  

Merangkum dari StyleCraze, dalam tinjauan tahun 2015 menunjukkan bahwa cucurbitacins, senyawa tanaman yang memberi mentimun rasa sedikit pahit bisa membantu meningkatkan kerja insulin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: