5 Manfaat Kulit Manggis yang Baik untuk Tubuh, Cocok untuk Penderita Diabetes

5 Manfaat Kulit Manggis yang Baik untuk Tubuh, Cocok untuk Penderita Diabetes

5 Manfaat kulit manggis yang baik untuk tubuh -Freepik:@jcomp-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Kandungan tersebut juga membuat kulit manggis dipercaya ampuh mengatasi berbagai macam penyakit termasuk diabetes, kolesterol bahkan kanker.

Manfaat kulit manggis bisa diperoleh dengan berbagam macam cara, salah satunya dengan mengonsumsinya sebagai teh herbal, jus, maupun suplemen.

Ekstrak kulit manggis juga kaya dengan antioksidan, vitamin, mineral, hingga asam amino. Hal ini tentunya membuat manfaat kulit manggis menjadi semakin populer dikonsumsi sebagai obat herbal.

Kulit manggis berasal dari sejumlah bahan aktif di dalamnya. Contohnya seperti xanthone, flavonoid, saponin, dan tanin. Xanthone sendiri merupakan senyawa aktif yang bersifat antibakteri, antijamur, dan antiinflamasi.

Cara Mengonsumsi Kulit Manggis

BACA JUGA:

Manfaat kulit manggis akan terasa jika kamu mengonsumsi dengan cara yang tepat. Berikut ini cara mengolah kulit manggis agar bisa dikonsumsi:

  • Langkah pertama bersihkan terlebih dulu.  Sebelum diolah, kamu harus membersihkan kulitnya terlebih dulu dengan mencuci menggunakan air yang mengalir.
  • Lalu potong kulit menjadi bagian kecil. Setelah dicuci bersih, potong kulit menjadi bagian kecil. Tujuannya agar kulit mudah diolah.  
  • Kemudian kukus kulit manggis. Selanjutnya dikukus selama 3-5 menit saja. Tujuannya agar getah di kulit benar-benar hilang. 
  • Haluskan kulit manggis. Setelah dikukus, kamu bisa menghaluskan per 100 gram kulit manggis yang sudah dicampur dengan 800 mililiter air dengan blender. 
  • Rebus hingga matang. Langkah terakhir adalah merebus hingga matang. Jika dirasa terlalu pahit, kamu bisa menambahkan sedikit gula.

Manfaat Kulit Manggis

Berikut ini beragam manfaat dari kulit manggis yang baik untuk kesehatan tubuh diantaranya sebagai berikut:

Baik untuk Tulang dan Mata

Manfaat kulit manggis juga dapat menjaga kepadatan tulang, karena kandungan kalsiumnya. Kalsium penting untuk menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis.

Jika kulit manggis dikonsumsi oleh anak-anak dan remaja, itu dapat mendukung pertumbuhan tulang yang optimal, membuat anak-anak tumbuh lebih tinggi dengan tulang yang kuat.

Selain itu, kulit manggis juga mengandung vitamin A, yang sangat baik untuk kesehatan penglihatan. vitamin A dapat melindungi retina dan mempertajam penglihatan, dan mencegah xerophtalmia atau kurangnya penglihatan dalam cahaya redup/gelap.

Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: