Khasiat Daun Sirsak dan Kulit Manggis Untuk Obat Kanker, Fakta atau Mitos? Ini Kata Dokter

Khasiat Daun Sirsak dan Kulit Manggis Untuk Obat Kanker, Fakta atau Mitos? Ini Kata Dokter

RADARPENA.CO.ID - Banyak yang beranggapan bahwa penyakit kanker bisa diobati dengan daun sirsak dan kulit manggis. Namun nyatanya, hal ini justru mendapat pertentangan dan khasiatnya tidak dipercayai oleh para dokter. 

Obat herbal memang disebut bagus untuk menyembuhkan penyakit, tetapi butuh penelitian berbasis bukti untuk benar-benar bisa mempercayai cara kerja dari obat-obat tersebut.

Dokter spesialis penyakit dalam Andhika Rachman mengatakan untuk diakui oleh dunia kedokteran, sebuah pengobatan harus melalui serangkaian penelitian panjang terlebih dahulu.

Menurutnya, pengobatan didasarkan pada evidence base. Dimana harus melalui penelitian di seluruh pusat riset kanker dan diambil kesimpulan arah dari pengobatannya. Kesimpulan itu pasti kuat karena melibatkan seluruh pusat penelitian  serta melibatkan jutaan orang.

 

BACA JUGA:

 

Lebih lanjut, Andhika beranggapan bahwa cara pengobatan yang menggunakan buah dan sebagainya belum memiliki dasar yang kuat karena penelitiannya tidak banyak dilakukan. Dirinya mengingatkan bahwa kebanyakan yang beredar hanya merupakan testimoni saja.

Kalaupun juga sudah dilakukan penelitian, penelitian yang sudah dilakukan baru pada tahap awal saja dan belum memasuki tahap akhir namun sudah dibuat kesimpulannya. Padahal kalau belum diujicobakan pada manusia dan terbukti berhasil, maka pengobatan tersebut belumlah layak.

"Tidak berarti bahwa sukses di cawan petri atau invitro, sukses secara invivo. Di tikus berhasil, belum tentu di orang akan berhasil karena ada mekanisme lain yang tidak sama," ujar Andhika.

 

Perlu diketahui, kulit manggis dan daun sirsak belum bisa digunakan untuk manusia, ujicoba kekauatan baru sampai di tikus.

Dokter Sub-spesialis Obstreti dan Ginekologi Onkologi dari Universitas Indonesia Andrijono juga pernah mengugkapkan fakta yang mengejutkan tentang khasiat daun sirsak.

Dirinya mengatakan berdasarkan hasil penelitian dari Inggris daun sirsak tidak memiliki khasiat atau manfaat untuk pencegahan kanker.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: