5 Manfaat Kulit Manggis yang Baik untuk Kesehatan, Aman untuk Penderita Diabetes

5 Manfaat Kulit Manggis yang Baik untuk Kesehatan, Aman untuk Penderita Diabetes

Khasiat buah manggis-Foto: Instagram.com/@hildafrozensidoarjo-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Manfaat kulit manggis berasal dari sejumlah bahan aktif di dalamnya. Contohnya seperti xanthone, flavonoid, saponin, dan tanin. Xanthone sendiri merupakan senyawa aktif yang bersifat antibakteri, antijamur, dan antiinflamasi.

Kandungan tersebut juga membuat kulit manggis dipercaya ampuh mengatasi berbagai macam penyakit termasuk diabetes, kolesterol bahkan kanker.

Manfaat kulit manggis bisa diperoleh dengan berbagam macam cara, salah satunya dengan mengonsumsinya sebagai teh herbal, jus, maupun suplemen.

Ekstrak kulit manggis juga kaya dengan antioksidan, vitamin, mineral, hingga asam amino. Hal ini tentunya membuat manfaat kulit manggis menjadi semakin populer dikonsumsi sebagai obat herbal.

BACA JUGA:

Berikut adalah beberapa khasiat yang ada pada kulit manggis untuk kesehatan yang bisa didapat: 

Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Kandungan xanthone pada kulit manggis dipercaya dapat menghambat perkembangan dan penyebaran sel kanker, misalnya kanker payudara dan kanker paru-paru. Selain itu, sebuah studi juga menyebutkan bahwa efek antikanker pada kulit manggis dapat menghambat perkembangan kanker usus besar. Meski demikian, penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan untuk memastikan efektivitas kulit manggis dalam mengatasi kanker.

Mengontrol Gula Darah

Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak kulit manggis bisa menurunkan kadar gula darah dan menjaganya tetap stabil. Hal ini dikarenakan kandungan xanthone pada kulit manggis, kemampuan tersebut dipercaya bisa mencegah resistensi insulin dan penyakit diabetes.

Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Dalam sebuah studi melaporkan bahwa mengonsumsi ekstrak kulit manggis bisa menurunkan gejala peradangan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Manfaat ini diperoleh dari kandungan antioksidan dan vitamin C yang terkandung di dalamnya.

BACA JUGA:

Mengatasi Peradangan Akibat Penyakit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: