Kasus Zhang Zhi Jie Meninggal di Lapangan Saat Pertandingan Bulutangkis di Jogja, PBSI Buka Suara

Kasus Zhang Zhi Jie Meninggal di Lapangan Saat Pertandingan Bulutangkis di Jogja, PBSI Buka Suara

Pebulu tangkis China Zhang Zhi Jie meninggal dunia di tengah pertandingan Badminton Asia Junior Championship.--X.com/@adarwis

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Dunia bulu tangkis berduka dengan meninggalnya Zhang Zhi Jie, pemain muda asal China, saat bertanding di GOR Amongrogo, Yogyakarta aau Jogja pada Minggu, 30 Juni 2024.

Kabid Humas PP Persatuan Bulu tangkis Seluruh Indonesia (PBSI), Broto Happy buka suara soal meninggalnya atlet muda asal China tersebut. 

Diungkapkannya peristiwa tersebut terjadi bermula saat Zhang Zhi Jie sedang menghadapi pebulutangkis muda Jepang Kazuma di penyisihan grup Asia Junior Championships 2024.

Dalam pertandingan tersebut tiba-tiba Zhang Zhi Jie pingsan serta kejang-kejang di lapangan.

Tim medis tak langsung bertidak karena baru bisa masuk lapangan setelah diizinkan wasit yang memimpin laga. Broto mengungkapkan bahwa tim medis sudah menjalankan tugas sesuai prosedur.

BACA JUGA:

"Manajemen pertandingan di lapangan dikendalikan wasit. Jadi dalam video wasit belum memberikan arahan kepada tim medis ketika yang bersangkutan roboh di lapangan dan tak berapa lama baru memberikan komando. Panitia penyelenggara sudah bekerja sesuai SOP secara maksimal," jelas Broto pada konferensi pers, Senin, 1 Juni 2024 siang WIB.

Ditambahkannya, PBSI akan mengirimkan surat kepada Badminton World Federation (BWF) mengenai insiden yang memakan korban saat bertanding. 

Dari segi penanganan medis ini akan menjadi bahan evaluasi pada surat tersebut.

"Semoga ada kajian aturan agar bisa lebih cepat demi keselamatan atlet," tambah Broto.

Grup D saat ini diperebutkan dengan sengit oleh China vs Jepang, dengan Singapura serta Hong Kong melengkapi sisa grupnya, bersama Negeri Tirai Bambu dan Negeri Sakura.

BACA JUGA:

Pada laga ketiga, pemain tunggal putra andalan China, Zhang Zhi Jie berhadapan dengan Kazuma Kawano. Intensitas pertandingan memang tak terbantahkan.

Di momen krusial pertandingan, tepatnya saat skor imbang 11-11 dan Kawano bersiap melakukan servis, Zhang Zhi Jie tiba-tiba terjatuh ke tanah dan tak bergerak. Seperti tubuhnya sedang mengalami kejang-kejang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: