Naskah Khutbah Jumat 14 Juni 2024, Keutamaan dan Raih Pahala Berkurban saat Idul Adha Terbaru

Naskah Khutbah Jumat 14 Juni 2024, Keutamaan dan Raih Pahala Berkurban saat Idul Adha Terbaru

Daftar lokasi salat Idul Adha 2024 di Lampung dan waktu pelaksanaannya--pexels.com

Berkurban sangat dianjurkan dalam Islam (sunnah muakkad). Hal ini ditegaskan dalam Al-Quran.

Allah swt berfirman:

إِنَّا أَعْطَيْنَاكَ الْكَوْثَرَ (1) فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ (2)

Artinya, “Sungguh, Kami telah memberimu (Muhammad) nikmat yang banyak. Maka laksanakanlah shalat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah).” (QS Al-Kautsar [108]: 1-2)

BACA JUGA:

Berdasarkan ayat ini, kita dianjurkan untuk menyembelih hewan kurban setelah melaksanakan shalat Idul Adha. Hewan kurban bisa berupa unta, sapi, kambing, atau domba. 

Tindakan ini merupakan ungkapan rasa syukur kepada Allah atas segala kebaikan dan berkat-Nya kepada kita semua.

Ma’asyiral Muslimin jamaah Jumat yang dirahmati Allah

Kurban Idul Adha memiliki nilai keutamaan dan kemuliaan yang tinggi serta merupakan salah satu amalan yang diridhai oleh Allah SWT. 

Allah segera menyiapkan pahala bagi mereka yang berkurban, bahkan saat pisau baru menyentuh leher binatang tersebut, sebelum darahnya menyentuh tanah. 

Ini adalah upah atas ketaatan bagi mereka yang berkurban dalam memenuhi seruan Allah SWT. 

Melalui kurban, umat Muslim menunjukkan kepatuhan dan pengabdian kepada Allah, serta mengingat kisah Nabi Ibrahim yang rela mengorbankan putranya sebagai bentuk ketaatan yang luar biasa. 

Nabi bersabda:

مَا عَمِلَ آدَمِىٌّ مِنْ عَمَلٍ يَوْمَ النَّحْرِ أَحَبَّ إِلَى اللَّهِ مِنْ إِهْرَاقِ دَمٍ وَإِنَّهُ لَيَأْتِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ فِى فَرْثِهِ بِقُرُونِهَا وَأَشْعَارِهَا وَأَظْلاَفِهَا وَإِنَّ الدَّمَ لَيَقَعُ مِنَ اللَّهِ بِمَكَانٍ قَبْلَ أَنْ يَقَعَ فِى الأَرْضِ فَطِيبُوا بِهَا نَفْسًا

Artinya, “Tidak ada amalan yang dilakukan oleh manusia pada hari raya kurban, yang lebih dicintai oleh Allah selain menyembelih hewan (berkurban). Sesungguhnya, hewan kurban itu pada hari kiamat akan datang beserta tanduk-tanduknya, bulu-bulu, dan kuku-kukunya. Dan sungguh, sebelum darah kurban itu mengalir ke tanah, pahalanya telah diterima di sisi Allah. Karenanya, lapangkanlah jiwa kalian untuk melakukannya.” (HR at-Tirmidzi)

BACA JUGA:

Ma’asyiral Muslimin jamaah Jumat yang dirahmati Allah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: