Niat Puasa Dzulhijjah 2024 Lengkap dengan Jadwalnya, Serta Qadha Ramadhan

Niat Puasa Dzulhijjah 2024 Lengkap dengan Jadwalnya, Serta Qadha Ramadhan

Potret umat muslim saat sedang melaksanakan ibadah haji.-Foto: Unsplash.com-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Sebentar lagi umat muslim akan memasuki bulan Dzulhijjah. Pada bulan ini kedua belas Hijriah tersebut terdapat sejumlah alasan yang dianjurkan bagi umat muslim, salah satunya adalah puasa pada sembilan hari pertama bulan Dzulhijjah

Sementara itu, pada 10 Dzulhijjah bertepatan dengan Idul Adha yang terdapat larangan berpuasa di dalamnya. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam hadits,

"Tidak ada hari-hari yang lebih disukai Allah untuk dipakai beribadah lebih dari sepuluh hari pertama di bulan Dzulhijjah. Berpuasa pada siang harinya sama dengan berpuasa selama satu tahun dan salat pada malam harinya sama nilainya dengan mengerjakan salat pada malam lailatul qadar." (HR Tirmidzi)

Puasa Dzulhijjah juga mencakup pengamalan puasa Tarwiyah dan Arafah. Dikutip Abu Aunillah Al-Baijury dalam Buku Pintar Agama Islam: Panduan Lengkap Berislam Secara Kaffah, puasa pada 8 Dzulhijjah disebut puasa Tarwiyah dan puasa 9 Dzulhijjah adalah puasa Arafah.

BACA JUGA:

Niat Puasa Dzulhijjah 2024 Termasuk Tarwiyah-Arafah

Pada bulan Dzulhijjah, puasa sunnah yang dapat diamalkan mencakup puasa awal Dzulhijjah, puasa Tarwiyah, puasa Arafah, puasa Senin Kamis, hingga puasa Ayyamul Bidh. Berikut bacaan niatnya.

Niat Puasa 1-7 Dzulhijjah

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ ذِيْ الْحِجَّةِ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma syahri dzulhijjah sunnatan lillahi ta'ala.

Artinya: "Saya niat puasa sunnah pada bulan Dzulhijjah karena Allah Ta'ala."

Niat Puasa Tarwiyah 8 Dzulhijjah

نويتُ صومَ تَرْوِيَة سُنّةً لله تعالى

Nawaitu shauma tarwiyata sunnatan lillahi ta'ala

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: