Perlu Dicatat! 6 Kesalahan Umum Saat Menyembelih Hewan Kurban

Perlu Dicatat! 6 Kesalahan Umum Saat Menyembelih Hewan Kurban

Kesalahan Umum Saat Menyembelih Hewan Kurban--Foto : tangkapan layar YouTube

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Perlu dicatat kesalahan-kesalahan dalam menyembelih hewan kurban. Menyembelih hewan kurban merupakan salah satu ibadah yang memiliki nilai religius tinggi dalam Islam.

Namun, di banyak lokasi penyembelihan, tahapan pengerjaan ini sering dilakukan oleh masyarakat yang awam dan tidak terlatih. 

Ketidaktahuan ini bisa menyebabkan berbagai kesalahan yang berpotensi mengurangi nilai dari ibadah kurban itu sendiri.

Penting untuk memahami dan menghindari kesalahan-kesalahan ini demi memastikan pelaksanaan kurban yang sesuai syariat. 

BACA JUGA:

Dilansir dari laman resmi IPB, Dekan Fakultas Kedokteran Hewan, Prof. Srihadi Agungpriyono, menyampaikan beberapa kesalahan yang masih banyak ditemukan di masyarakat. Berikut adalah enam kesalahan umum tersebut:

1. Hewan Kurban Diperlakukan Kasar

Seringkali, hewan kurban diperlakukan dengan kasar sebelum penyembelihan. Ini bisa berupa penarikan paksa, pemukulan, atau tindakan kekerasan lainnya. 

Perlakuan kasar tidak hanya menyakiti hewan, tetapi juga bertentangan dengan prinsip-prinsip kesejahteraan hewan dalam Islam.

Hewan yang diperlakukan kasar akan mengalami stres yang tinggi, sehingga tidak hanya menimbulkan penderitaan tetapi juga bisa mempengaruhi kualitas daging yang dihasilkan.

BACA JUGA:

2. Mengasah Pisau di Dekat Hewan

Mengasah pisau di dekat hewan adalah kesalahan lain yang umum terjadi. Suara gesekan pisau dan pemandangan alat tajam bisa membuat hewan menjadi sangat stres. 

Stres pada hewan sebelum penyembelihan bisa menyebabkan adrenalin meningkat, yang berpengaruh pada kualitas daging.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: