Doa Saat Idul Adha: Petunjuk Lengkap dan Arti Maknanya

Doa Saat Idul Adha: Petunjuk Lengkap dan Arti Maknanya

Doa Saat Idul Adha: Petunjuk Lengkap dan Arti Maknanya-Sumber : FREEPIK-

JAKARTA, RADARPENA.CO.IDIdul Adha, salah satu hari raya umat Islam, ditandai dengan berbagai ritual dan amalan yang dianjurkan. Salah satu bagian penting dalam pelaksanaan ibadah ini adalah doa, yang memiliki keistimewaan tersendiri dan harus dipahami arti dan maknanya untuk dilakukan dengan penuh kekhusyukan dan kesungguhan hati.

Doa Puasa Idul Adha

Doa puasa Idul Adha memiliki keutamaan besar dan harus dilakukan secara rutin dan konsisten selama menjalani puasa pada hari raya Idul Adha. Selain itu, doa ini juga sebaiknya dibarengi dengan amalan-amalan lain seperti sedekah, dzikir, dan tilawah Al-Quran untuk mendapatkan berkah yang lebih besar.

 

Niat Doa Puasa Idul Adha Tarwiyah

Puasa Tarwiyah adalah puasa sunnah yang dilakukan pada tanggal 8 Dzulhijjah, sehari sebelum Hari Raya Idul Adha. Dalil yang kerap dikemukakan untuk pelaksanaan dua puasa sunah tersebut yaitu: “Puasa pada hari tarwiyah akan mengampuni dosa setahun yang lalu. Sedangkan puasa hari Arafah akan mengampuni dosa dua tahun.” (HR. Abusy Syaikh dan Ibnu An Najjar dari Ibnu Abbas).

 

Tata Cara Menyembelih Hewan Kurban

Menyembelih hewan kurban adalah bagian penting dalam pelaksanaan ibadah Idul Adha. Tata cara yang harus diikuti adalah:

 

Menggunakan Pisau atau Alat Penyembelihan Lain yang

Tajam Diriwayatkan dari Syaddad ibn Aus RA dari Rasulullah SAW, beliau bersabda, "Ada dua hal yang senantiasa aku jaga yang berasal dari Rasulullah SAW. Rasulullah bersabda, 'Allah memerintahkan untuk berbuat kebaikan kepada segala sesuatu. Apabila kamu membunuh, maka baguskanlah cara dan keadaan dalam membunuh, dan apabila kamu menyembelih, maka baguskanlah penyembelihannya, dan hendaklah menajamkan pisaunya, dan menenangkan hewan sembelihannya.'" (HR. Muslim).

 

 BACA JUGA:

 

Menghadapkan Hewan ke Arah Kiblat

"Sesungguhnya aku hadapkan wajahku kepada Zat yang telah menciptakan langit dan bumi dengan tulus ikhlas dan menyerahkan diri dan aku bukanlah golongan orang-orang musyrik. Sesungguhnya shalatku, pengabdianku, hidupku, dan matiku adalah untuk Allah Zat yang menguasai alam semesta. Tidak ada sekutu baginya, dan demikian aku diperintahkan dan aku termasuk orang-orang muslim. Dengan menyebut nama Allah, Allah Maha Besar, ya Allah (kurban ini) dari-Mu dan untukmu dan dari Muhammad dan umatnya. Bismillahi Allahu Akbar. Kemudian beliau menyembelihnya." (HR Abu Dawud).

 

Doa Sebelum Menyembelih Hewan Kurban

Doa sebelum menyembelih hewan kurban adalah bagian dari kesunnahan sebelum menyembelih. Doa ini sebagaimana dicontohkan oleh Rasulullah SAW pada salah satu keterangan hadits dari Aisyah RA berikut:

عَنْ عَائِشَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَمَرَ بِكَبْشٍ أَقْرَنَ يَطَأُ فِي سَوَادٍ وَيَبْرُكُ فِي سَوَادٍ وَيَنْظُرُ فِي سَوَادٍ فَأُتِيَ بِهِ لِيُضَحِّيَ بِهِ فَقَالَ لَهَا يَا عَائِشَةُ هَلُمِّي الْمُدْيَةَ ثُمَّ قَالَ اشْحَذِيهَا بِحَجَرٍ فَفَعَلَتْ ثُمَّ أَخَذَهَا وَأَخَذَ الْكَبْشَ فَأَضْجَعَهُ ثُمَّ ذَبَحَهُ ثُمَّ قَالَ بِاسْمِ اللَّهِ اللَّهُمَّ تَقَبَّلْ مِنْ مُحَمَّدٍ وَآلِ مُحَمَّدٍ وَمِنْ أُمَّةِ مُحَمَّdٍ ثُمَّ ضَحَّى بِهِ.

 

Doa Salat Idul Adha

Doa salat Idul Adha juga memiliki keistimewaan tersendiri dan harus dipahami arti dan maknanya untuk dilakukan dengan penuh kekhusyukan dan kesungguhan hati. Niat salat Idul Adha adalah:

اُصَلِّى سُنُّةً عِيْدِ الْاَضْحَى رَكْعَتَيْن.

Dengan demikian, doa saat Idul Adha memiliki keistimewaan yang harus dipahami dan dilakukan dengan penuh kekhusyukan dan kesungguhan hati. Doa ini harus dilakukan secara rutin dan konsisten selama menjalani puasa pada hari raya Idul Adha dan dibarengi dengan amalan-amalan lain seperti sedekah, dzikir, dan tilawah Al-Quran untuk mendapatkan berkah yang lebih besar.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: