Menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah, Berikut Rekomendasi Jenis Sapi Potong untuk Kurban Tahun 2024

Menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah, Berikut Rekomendasi Jenis Sapi Potong untuk Kurban Tahun 2024

Jenis-jenis hewan kurban yang cocok untuk persiapan Idul Adha 1445 H--

JAKARTA,RADARPENA.CO.ID - Tidak terasa sebentar lagi umat Muslim di Dunia akan merayakan Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah yang jatuh pada tanggal 17 Juni 2024.

Sebagai salah satu momen suci dalam agama Islam, Idul Adha dirayakan setiap tahun sebagai penghormatan terhadap pengorbanan Nabi Ibrahim yang patuh kepada perintah Allah untuk menyembelih putranya, Ismail. 

Salah satu tradisi dalam perayaan ini adalah penyembelihan hewan qurban, terdapat berbagai jenis hewan ternak yang ditujukan untuk kurban. Salah satu hewan tersebut adalah sapi yang menjadi hewan ternak paling populer untuk kegiatan kurban.

Sapi untuk kurban harus memiliki kriteria tertentu, seperti minimal berusia 2 tahun dan akan masuk ke tahun ke-3, sehat tanpa cacat, serta bukan milik orang lain. Tidak hanya itu, sapi kurban juga memiliki jenis yang berbeda-beda yang bisa kamu pilih untuk Hari Raya Idul Adha.

Yuk kenali rekomendai jenis sapi terbaik untuk berkurban.

 

Rekomendasi Jenis Sapi Potong Untuk Kurban

1. Sapi Brahman

Sapi Brahman merupakan salah satu jenis sapi potong yang memiliki tubuh yang besar dengan ciri khas jidat yang menjorok ke depan, kulit yang tebal, dan warna yang bervariasi dari abu-abu hingga merah cokelat.

Sapi Brahman terkenal karena kekuatan adaptasinya terhadap iklim panas dan memiliki ketangguhannya terhadap berbagai penyakit dan parasit. Mereka memiliki sistem kekebalan yang kuat yang membantu mereka bertahan dalam lingkungan peternakan yang menuntut.

Seekor sapi brahman jantan memiliki bobot berkisar 800 kg hingga 1.100 kg, sedangkan untuk sapi brahman betina memiliki bobot dibawahnya yaitu berkisar 500 kg sampai 700 kg.

BACA JUGA:Senin Ini, Kualitas Udara Jakarta Membahayakan Kesehatan Tubuh, Terburuk Ke-3 di Dunia

BACA JUGA:Update Harga Pangan Hari Ini 27 Mei 2024 di Berbagai Wilayah: Bawang Merah Turun, Bawang Putih Naik

2. Sapi Limousin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: