Menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah, Berikut Rekomendasi Jenis Sapi Potong untuk Kurban Tahun 2024

Menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah, Berikut Rekomendasi Jenis Sapi Potong untuk Kurban Tahun 2024

Jenis-jenis hewan kurban yang cocok untuk persiapan Idul Adha 1445 H--

5. Sapi Pegon

Sapi Pegon adalah salah satu varietas sapi lokal yang berasal dari daerah Pegon, Jawa Tengah, Indonesia. Sapi ini memiliki ciri bentuk punggung yang lurus dan perut yang dalam. Warna bermacam-macam, mulai dari cokelat tua, cokelat kehitaman, hingga hitam pekat. Salah satu ciri khas yang membedakan sapi Pegon adalah adanya corak putih pada wajahnya, seperti pola tanda "V" di bagian dahi dan tengkuknya.

Secara umum, sapi Pegon memiliki tubuh yang berukuran sedang hingga besar dengan postur yang kuat dan kokoh denan bobot berkisar antara 400 hingga 600 kilogram.

Meskipun memiliki penampilan yang gagah, sapi Pegon cenderung memiliki karakter yang tenang dan mudah dijinakkan. Sapi ini umumnya digunakan sebagai hewan penghasil susu dan juga sebagai hewan kerja di perkebunan atau sawah di daerah asalnya.

 

6. Sapi Bali

Sapi bali merupakan hasil genetika dari banteng asli Indonesia yang memiliki keunggulan dalam daya reproduksi dan daptasi. Warna daging yang berwarna merah segar, kandungan lemak sedikit, jumlah karkas di atas 50 persen yang artinya prosentase daging lebih banyak daripada tulang menjadi alasan yang tepat mengapa kamu harus memilih sapi jenis ini.

Bobot sapi bali pun bervariasi, untuk satu ekor sapi bali bisa mencapai berat antara 200 kg hingga 500 kg.

Meskipun berbobot lebih kecil jika dibanding dengan sapi jenis lainnya namun sapi bali sangat cocok dan direkomendasikan bagi kamu yang ingin berkurban akan tetapi tak memiliki budget yang begitu besar.

Itulah beberapa jenis sapi potong yang memiliki kualitas daging serta bobot yang bagus. Dalam menentukan hewan urban yang tepat, peting untuk mempertimbangkan berbagai faktor seperti kualitas, kebutuhan lokal, serta kemampuan untuk berbagi dengan sesama. Semoga rekomendasi ini membantu Anda dalam membuat pilihan dalam merayakan Hari Raya Idul Adha.***(Wanda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: