Menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah, Berikut Rekomendasi Jenis Sapi Potong untuk Kurban Tahun 2024

Menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah, Berikut Rekomendasi Jenis Sapi Potong untuk Kurban Tahun 2024

Jenis-jenis hewan kurban yang cocok untuk persiapan Idul Adha 1445 H--

Sapi Limousin adalah jenis sapi potong yang terkenal karena kualitas dagingnya yang berkualitas tinggi. Sapi Limosin merupakan sapi yang berasal dari wilayah Limousin, Prancis negeri barat yang terkenal dengan musim dinginnya. Salah satu keunggulan utama sapi Limousin adalah kualitas dagingnya yang sangat baik. Daging sapi Limousin dikenal karena teksturnya yang halus, dan rasa yang lezat. 

Sapi yang memiliki ciri khas tubuh Panjang dan Berotot, kepala yang kuat dengan ciri khas telinga yang panjang dan mata yang besar, warna bervariasi mulai dari cokelat muda hingga cokelat tua. Beberapa individu memiliki pola bercak putih di tubuhnya.

Satu ekor satu sapi limosin rata-rata memiliki berat berkisar 1,2 ton dengan tinggi 1,5 meter. Dengan kualitas daging yang bagus serta bobot 1 ekor yang melebihi rata-rata. Maka tak heran jika sapi limosin ini dibanderol dengan harga yang cukup mahal.

BACA JUGA:Polisi Sebut Hanya Pegi yang Jadi DPO, Keluarga Vina Cirebon Kaget: Tidak Masuk Akal! 2 DPO Lagi Kemana?

BACA JUGA:TNI Pertebal Pengamanan Kejagung Buntut Jampidsus Dikuntit Densus 88 Polri, Ini Penjelasan Kapuspen TNI

3. Sapi Simmental

Sapi Simmental adalah salah satu jenis sapi potong yang terkenal karena produktivitasnya yang tinggi, bentuk sapi simental terkenal lebih kekar dan penuh otot. Sapi yang berasal dari negara Swiss ini juga menjadi salah satu jenis sapi favorit yang digunakan untuk berkurban.

Selain memiliki daging yang banyak di dalam tubuhnya, sapi jenis ini juga mampu menjadi sapi perah yang menghasilkan susu banyak.

Cara mengenali sapi simental pun cukup mudah. Biasanya sapi ini memiliki warna kulit kemerahan atau coklat dengan bagian putih pada muka, lutut, ekor dan bawah perutnya. Bobot sapi simental pun juga lumayan besar yakni berkisar antara 700 kg hingga 1,2 ton.

 

4. Sapi Madura

Salah satu khas sapi Madura yaitu memiliki tanduk yang melengkung ke atas yang sering kali digunakan untuk mempertunjukkan kekuatan dan keindahan pada perlombaan sapi di Madura yang merupakan tradisi yang sangat populer di Pulau Madura.

Sapi Madura juga dikenal dengan kulitnya yang berwarna cokelat tua hingga hitam. Mereka memiliki leher yang kuat dan dada yang lebar, memberikan kesan kekuatan fisik.

Mereka umumnya memiliki ukuran tubuh yang sedang hingga besar dengan tinggi dan berat rata-rata antara 400 hingga 600 kilogram.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: