Naskah Khutbah Jumat 14 Juni 2024, Keutamaan dan Raih Pahala Berkurban saat Idul Adha Terbaru

Naskah Khutbah Jumat 14 Juni 2024, Keutamaan dan Raih Pahala Berkurban saat Idul Adha Terbaru

Daftar lokasi salat Idul Adha 2024 di Lampung dan waktu pelaksanaannya--pexels.com

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Artikel ini berisi naskah khutbah Jumat, 14 Juni 2024, tentang keutamaan dan pahala berkurban saat Idul Adha 2024. 

Naskah khutbah Jumat ini mengajak jamaah untuk meraih pahala berkurban dan menjelaskan keutamaan berkurban pada momen Idul Adha 2024.

Dalam naskah khutbah Jumat ini, dijelaskan bahwa berkurban di Hari Raya Idul Adha dapat mendatangkan pahala dari Allah serta memperkuat keimanan dan kepedulian sosial di kalangan umat.

Dilansir Radarpena dari laman NU online, berikut ini naskah khutbah Jumat 14 Juni 2024 tentang pembahasan mengenai keutamaan dan raih pahala berkurban di Hari Raya Idul Adha.

Khutbah I

اَلْحَمْدُ لِلهِ وَاسِعِ الْفَضْلِ وَالْاِحْسَانِ، وَمُضَاعِفِ الْحَسَنَاتِ لِذَوِي الْاِيْمَانِ وَالْاِحْسَانِ، اَلْغَنِيِّ الَّذِيْ لَمِ تَزَلْ سَحَائِبُ جُوْدِهِ تَسِحُّ الْخَيْرَاتِ كُلَّ وَقْتٍ وَأَوَانٍ، العَلِيْمِ الَّذِيْ لَايَخْفَى عَلَيْهِ خَوَاطِرُ الْجَنَانِ، اَلْحَيِّ الْقَيُّوْمِ الَّذِيْ لَاتَغِيْضُ نَفَقَاتُهُ بِمَرِّ الدُّهُوْرِ وَالْأَزْمَانِ، اَلْكَرِيْمِ الَّذِيْ تَأَذَّنَ بِالْمَزِيْدِ لِذَوِي الشُّكْرَانِ. أَحْمَدُهُ حُمْدًا يَفُوْقُ الْعَدَّ وَالْحُسْبَانِ، وَأَشْكُرُهُ شُكْرًا نَنَالُ بِهِ مِنْهُ مَوَاهِبَ الرِّضْوَانِ

أَشْهَدُ أَنْ لَااِلَهَ اِلَّا الله وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ دَائِمُ الْمُلْكِ وَالسُّلْطَانِ، وَمُبْرِزُ كُلِّ مَنْ سِوَاهُ مِنَ الْعَدَمِ اِلَى الْوِجْدَانِ، عَالِمُ الظَّاهِرِ وَمَا انْطَوَى عَلَيْهِ الْجَنَانِ. وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ وَخِيْرَتُهُ مِنْ نَوْعِ الْاِنْسَانِ، نَبِيٌّ رَفَعَ اللهُ بِهِ الْحَقَّ حَتَّى اتَّضَحَ وَاسْتَبَانَ. صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَعَلَى أَلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَهْلِ الصِّدْقِ وَالْاِحْسَانِ. أَمَّا بَعْدُ، أَيُّهَا الْاِخْوَانُ أُوْصِيْكُمْ وَاِيَايَ بِتَقْوَى اللهِ وَطَاعَتِهِ، بِامْتِثَالِ أَوَامِرِهِ وَاجْتِنَابِ نَوَاهِيْهِ. قَالَ اللهُ تَعَالَى فِيْ كِتَابِهِ الْكَرِيْمِ: يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلا تَمُوتُنَّ إِلاَّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ

BACA JUGA:

Jamaah Shalat Jumat Rahimakumullah

Alhamdulillah, puji syukur senantiasa kita panjatkan kehadirat Allah SWT, Rabb semesta alam, atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, sehingga pada hari yang mulia ini kita dapat berkumpul di masjid ini dalam keadaan sehat walafiat untuk menunaikan ibadah Shalat Jumat.

Shalawat serta salam senantiasa tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, beserta keluarga, sahabat, dan pengikutnya hingga akhir zaman.

Ikhwah fillah yang dirahmati Allah SWT,

Sebentar lagi, umat Islam di seluruh penjuru dunia akan menyambut Hari Raya Idul Adha 1446 H, momen istimewa penuh makna yang sarat dengan nilai-nilai spiritual dan kemanusiaan. 

Di hari raya ini, kita diajak untuk merenungkan kisah Nabi Ibrahim AS dan Ismail AS, sebuah kisah luar biasa tentang ketaatan, keikhlasan, dan pengorbanan diri demi meraih ridha Allah SWT.

Ibadah kurban yang kita laksanakan di Hari Raya Idul Adha bukan sekadar menyembelih hewan, namun merupakan manifestasi dari ketaatan dan kepatuhan kita kepada Allah SWT. 

Kurban menjadi simbol pengorbanan diri, meneladani kesabaran Nabi Ibrahim AS, dan menumbuhkan rasa empati terhadap sesama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: