Yuk Intip! 3 Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan Menurut Dr Boyke yang Jarang Diketahui

Yuk Intip! 3 Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan Menurut Dr Boyke yang Jarang Diketahui

Manfaat daun sirih menurut dr. Boyke.-Foto: Unsplash.com-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Daun sirih merupakan tanaman asli Indonesia yang tumbuh merambat atau bersandar pada batang pohon lain. Daun sirih memiliki banyak manfaat, maka tak heran Daun sirih sering dijuluki sebagai tanaman obat karena manfaatnya yang sangat banyak untuk kesehatan

dr Boyke mengungkap manfaat daun sirih untuk kesehatan hingga takaran dan cara penggunaannya. Daun sirih menjadi simbol alami keberagaman dan kekayaan tanaman di Indonesia. 

Untuk itu, kehadirnannya tidak hanya memperindah namun juga memberikan berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan. Daun sirih ini telah lama dikenal sebagai sumber obat tradisional yang memiliki manfaat untuk mengobati banyak kesehatan. 

Ada banyak manfaat daun sirih menurut dr. Boyke yang jarang diketahui banyak orang. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas manfaat daun sirih tersebut.

BACA JUGA:

Berikut manfaat daun sirih menurut dr Boyke yang perlu kamu ketahui.

Manfaat Daun Sirih

1. Obat Mimisan

Mimisan merupakan keadaan terjadinya perdarahan yang keluar melalui hidung. Perdarahan ini dapat berlangsung dalam hitungan menit hingga beberapa jam. Bagi Anda yang sering mengalami mimisan, Anda tidak perlu khawatir lagi. Pasalnya, berkat khasiat daun sirih bisa mengobatinya. Daun sirih bisa dipakai untuk apa saja, termasuk dalam mengobati mimisan. dr Boyke mengatakan, daun sirih bisa menjadi pertolongan pertama untuk memberhentikan perdarahan pada mimisan.

"Pakai daun sirih, berhenti (darahnya), sebelum Anda ke dokter," katanya. Cara mengolah daun sirih untuk mengobati mimisan sangat mudah. Pertama, lipat kecil atau digulung daun sirih lalu masukkan perlahan ke hidung.

Cara ini sangat ampuh untuk memberhentikan perdarahan mimisan terutama pada anak-anak.

"Dilipat-lipat gini kecil masukin ke hidung, berhenti, untuk anak-anak, untuk itu enak banget," jelasnya.

2. Obat Sariawan

Manfaat selanjutnya dari daun sirih menurut dr. Boyke adalah dapat digunakan sebagai obat alami mengatasi sariawan. Menurut Kementrian Kesehatan mengatakan bahwa sariawan yang juga dikenal sebagai luka pada gusi dan lidah, dan bagian dalam mulut yang bisa diakibatkan oleh iritasi. Luka sariawan ini berwarna putih atau menyala, biasanya sariawan ini akan membesar dan akhirnya sembuh dengan sendirinya. Meskipun bukan penyakit yang membahayakan, namun sariawan ini seringkali membuat seseorang merasa tidak nyaman, terutama pada saat makan dan berbicara. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: