Hati-hati! Ini Bahaya Kendarai Mobil dengan Ban Kempes, Salah Satunya Bisa Meledak

Hati-hati! Ini Bahaya Kendarai Mobil dengan Ban Kempes, Salah Satunya Bisa Meledak

Pengendara wajib tahu jika memaksakan ban kempes tetap berjalan bisa membuat ban meledak dan menyebabkan kecelakaan.--Freepik

Tidak hanya meledak, masalah ban kempes jika dibiarkan terus menerus bisa merusak beberapa komponen dari mobil.

Salah satunya tidak ada keseimbangan dan sulit mengendalikan kecepatan mobil yang bisa menyebabkan komponen mobil terutama pada bagian kaki-kaki bergeser.

Ban kempes juga akan menyebabkan boros bahan bakar, karena Ketika mesin mobil nyala dan bekerja secara maksimal dalam keadaan ban mobil kempes makan energi yang dikeluarkan lebih besar dari biasanya. 

Mesin mobil yang selalu dipaksakan untuk bekerja secara maksimal juga akan memicu overheat dan cepat panas sehingga bensin yang dikeluarkan juga banyak.

BACA JUGA:Bukan Sekedar Hiasan, Ternyata Ini Fungsi Segitiga Pengaman Mobil Serta Cara Penggunaannya

BACA JUGA:Jangan Lakukan Hal - Hal Ini Kalo Gak Kepengen AC Mobil Kamu Rusak

Ban satu-satunya bagian dari mobil yang bersentuhan langsung dengan aspal atau tanah. 

Selain menopang daya angkut, ban juga dapat berperan untuk menstabilitas laju kendaran hingga menjadi faktor penting dalam keselamatan.

Karenanya, ban wajib diperhatikan kondisinya. Masalah yang sering timbul mulai dari kondisi tekanan angin kurang atau berlebihan, aus hingga mengalami kerusakan.

Perlu dicatat tekanan angin dalam ban bisa jadi masalah, karena secara alamiah tekanan angin pada ban bisa berkurang 1-2 psi per bulan. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: