Hati-hati! Ini Bahaya Kendarai Mobil dengan Ban Kempes, Salah Satunya Bisa Meledak

Hati-hati! Ini Bahaya Kendarai Mobil dengan Ban Kempes, Salah Satunya Bisa Meledak

Pengendara wajib tahu jika memaksakan ban kempes tetap berjalan bisa membuat ban meledak dan menyebabkan kecelakaan.--Freepik

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Jarang banyak yang tahu jika ban kempes bisa membuat ban lebih mudah meledak, kok bisa?

Saat berkendara dengan mobil terdapat berbagai macam gangguan atau masalah secara tidak terduga. 

Salah satu gangguan atau masalah yang sering terjadi adalah ban mobil yang kempes dijalan. Hal ini bisa dipengaruhi oleh banyak factor.

Namun yang paling umum penyebab ban mobil bocor mendadak dijalan adalah karena kurangnya tekanan angin dari awal atau benda tajam yang tertusuk pada ban sehingga mengalami kebocoran.

Saat ban mobil kempes terdapat bagian dinding ban yang mengalami tekanan lebih bedar dari bibir velg yang ditekan ke bawah oleh bobot mobil.

Di Indonesia ada 2 tipe pengendara dalam menghadapi permasalahan kempes ban, kira-kira kamu tipe yang mana ya?

BACA JUGA:Insiden Tabrakan di Tol Ngawi Akibat Pecah Ban, Begini Cara Cek Ban Masih Layak atau Tidak

BACA JUGA:Setir Mobil Terasa Getar saat Jalan? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Ketika ban mobil kalian kempes, terdapat dua tipe pengemudi yang mengalaminya. Yang pertama adalah tipe orang yang antisipasi, yaitu termasuk orang yang selalu berhati-hati dengan kondisi mobilnya. Jika mobilnya sudah terasa kempes akan langsung dibawa ke bengkel terdekat untuk melakukan pengisian angin ban. 

Yang kedua adalah tipe orang yang tidak peduli dengan memaksakan untuk tetap berjalan dengan kondisi ban kempes. Jika ban dibiarkan berjalan dengan keadaan kempes akan berbahaya untuk keamanan kalian. 

Apakah benar ban kempes bisa membuat ban mobil meledak? untuk mengetahui jawabannya, simak hingga tuntas artikel ini.

Melansir dari Ottoban Indonesia, salah satu resiko ban kempes adalah meledak. Hal ini dikarenakan Ketika ban yang sudah kempes namun dipaksakan jalan akan membuat ban semakin menipis dan kemudian menjadi semakin lebar.

Selain itu, gesekan yang terjadi antara aspal dengan permukaan ban akan semakin kuat dan menyebabkan ban mobil meledak saat itu juga. 

Karena ban kempes yang dipaksa untuk berjalan terus bekerja dengan maksimal, tetapi kehilangan bobot untuk menopang berat yang ada didalam mobil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: