Beragam Manfaat Kesehatan dari Secangkir Teh Chamomile yang Baik untuk Fisik dan Mental

Beragam Manfaat Kesehatan dari Secangkir Teh Chamomile yang Baik untuk Fisik dan Mental

Ilustrasi teh chamomile.-Foto: Unsplash.com-

Kanker masih menjadi penyakit yang mengkhawatirkan karena sifatnya yang dapat mematikan. Banyak ahli yang terus mengembangkan studi tentang cara mencegah terjadinya kanker. Ternyata, rutin minum teh chamomile mampu mengurangi risiko mengalami kanker. Hal ini karena bunga ini kaya akan apigenin dan flavonoid yang dapat membunuh sel kanker.

Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Teh chamomile diketahui memiliki zat yang bersifat antikanker dan antioksidan yang dapat menurunkan peradangan serta menghambat pertumbuhan beberapa jenis sel kanker, seperti kanker payudara, kanker saluran pencernaan, kanker kulit, kanker prostat, kanker rahim, dan kanker tiroid. Namun, manfaat teh chamomile tersebut belum bisa menggantikan pengobatan kanker secara medis, seperti operasi atau kemoterapi. Hingga saat ini, masih memerlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat teh chamomile sebagai obat kanker yang efektif. Selain berbagai manfaat di atas, teh chamomile juga diketahui dapat mencegah penuaan dini pada wajah, menjaga kepadatan tulang, menurunkan kolesterol, dan mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Teh herbal ini juga dapat digunakan sebagai cara menyembuhkan pusing dan sakit kepala karena maag dan asam lambung. Produk yang mengandung ekstrak kamomil, seperti salep dan gel, juga bisa dimanfaatkan sebagai obat wasir.

BACA JUGA:

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat teh chamomile berikutnya, yaitu mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini karena bunga ini memiliki sifat antibakteri, yang membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membuatnya berfungsi dengan baik. Disebutkan juga, minum bunga ini secara rutin setiap hari juga dapat mengurangi kemungkinan terkena pilek dan batuk.

Membantu Mengatasi Peradangan

Teh chamomile dapat membantu mengatasi eksim, iritasi kulit, penyembuhan luka, nyeri rheumatoid, bisul, asam urat, neuralgia, GERD, peradangan mata, wasir, kulit terbakar, serta penyakit ruam karena kandungan flavonoid yang dimiliki. Bahkan, aktivasi berbagai jenis sel sistem kekebalan yang dapat memperburuk peradangan bisa dihentikan hanya dengan mengonsumsi chamomile.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: