Ketahui, Inilah 6 Manfaat Kayu Manis yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Ketahui, Inilah 6 Manfaat Kayu Manis yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Kayu Manis untuk kesehatan.-Foto: Unsplash.com/DianaPolekhina-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Kayu Manis merupakan rempah-rempah yang telah dikenal karena khasiat obatnya yang sudah dipakai sejak ribuan tahun. Kayu Manis sendiri sangat kaya antioksidan dan senyawa bermanfaat lainnya. 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ini dapat membantu mendukung pengendalian gula darah, melindungi terhadap penyakit jantung, dan mengurangi peradangan.

Kayu manis mengandung protein, serat, kalsium, zat besi, kalium, selenium, fosfor, vitamin A, vitamin B, vitamin K, serta zat-zat yang memiliki efek antioksidan, antibakteri, dan antiradang.

Berkat kandungannya tersebut, tak heran jika kayu manis diklaim memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut manfaat kayu manis yang baik untuk kesehatan, di antaranya:

BACA JUGA:

Membantu Mengontrol Kadar Gula Darah pada Penderita Diabetes 

Dilansir dari jurnal Diabetes Research and Clinical Practice (2019), kayu manis merupakan bumbu rempah yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah puasa pada pasien prediabetes dan diabetes tipe 2.

Sebab, rempah tersebut dapat membantu meningkatkan sensitivitas hormon insulin yang berfungsi untuk mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh.

Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektivitas kayu manis dalam mengontrol kadar gula darah penderita diabetes.

Penuh Dengan Antioksidan

Antioksidan melindungi tubuh Anda dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. Kayu manis mengandung antioksidan kuat, termasuk polifenol.

Sebuah studi menemukan bahwa suplementasi kayu manis dapat secara signifikan meningkatkan kadar antioksidan dalam darah sekaligus mengurangi kadar penanda yang digunakan untuk mengukur peradangan, seperti protein C-reaktif. Faktanya, efek antioksidan kayu manis sangat kuat bahkan dapat digunakan sebagai pengawet makanan alami.

Menjaga Kesehatan Jantung

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa ekstrak kayu manis memiliki potensi untuk mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida, yakni jenis lemak jahat yang dapat menyebabkan terjadinya sumbatan pembuluh darah (aterosklerosis).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: