Kenali Manfaat Olive Oil Guna Menjaga Kesehatan dan Kelembaban Rambut Baik Pria atau Wanita

Kenali Manfaat Olive Oil Guna Menjaga Kesehatan dan Kelembaban Rambut Baik Pria atau Wanita

Ilustrasi minyak zaitun.-Foto: Unsplash.com/ChristineHume-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Minyak zaitun berasal dari pohon zaitun yang tumbuh lambat, memiliki batang keriput dan abu-abu ramping dengan cabang pecah-pecah. Pohon zaitun bisa tumbuh hingga 50 meter di habitat alami mereka dan hidup selama lebih dari 500 tahun. 

Buah ini memiliki bentuk bulat gemuk dengan warna hijau ketika mentah dan berubah menjadi kekuning-kuningan ketika sudah mulai masak.

Minyak zaitun dapat digunakan untuk memasak, kosmetik, obat herbal, sabun, dan bahan bakar untuk lampu minyak. Manfaat minyak zaitun sangat banyak bagi kesehatan karena mengandung lemak tak jenuh yang tinggi (utamanya asam oleik dan polifenol).

Bahan alami yang terkandung dalam minyak zaitun dipercaya dapat menjaga kesehatan rambut, sehingga tampak indah, kuat, dan sehat. Manfaat ini dapat diperoleh berkat kandungan asam palmitat, asam oleat, dan squalene. 

BACA JUGA:

Manfaat minyak zaitun untuk rambut bisa didapatkan dengan menggunakan minyak zaitun murni atau produk yang mengandung bahan alami ini. Berikut adalah penjelasan lebih detail mengenai manfaat minyak zaitun untuk rambut.

Berikut manfaat olive oil yang baik untuk rambut:

Menjaga Kelembapan dan Kilau Rambut

Manfaat minyak zaitun yang pertama adalah dapat memberikan kelembapan pada rambut yang kering dan kusam sekaligus menambah kilau alami pada rambut. Asam oleat pada minyak zaitun memberikan sifat emolien yang akan membuatnya terserap ke tiap helai batang rambut dan mengunci kelembapannya. Anda dapat menggunakan minyak zaitun ini sebagai masker rambut maupun diaplikasikan sebagai pengganti kondisioner. Akan tetapi, untuk pemilik rambut cenderung tipis dan berminyak sebaiknya hindari penggunaan minyak zaitun agar tak membuatnya semakin lepek.

Bantu Mengurangi Ketombe

Ketombe adalah masalah pada rambut yang hampir dialami oleh semua orang. Kondisi ini ditandai dengan munculnya serpihan-serpihan kulit kering berwarna putih yang tersebar di rambut. Ketombe dapat menyebabkan kulit kepala menjadi gatal serta berminyak. Jika ingin mengatasi ketombe, menggunakan minyak zaitun bisa menjadi salah satu solusinya. Minyak alami ini mempunyai sifat antiinflamasi dan antijamur yang dapat membasmi jamur penyebab ketombe dan meredakan peradangan di kulit kepala akibat garukan.

Menambah Kilau Alami Rambut

Selain menjaga kelembapan, bahan alami ini juga berguna untuk menambah kilau alami rambut. Pasalnya, kandungan vitamin A dan antioksidan dalam minyak zaitun berperan melindungi keratin rambut dan menjaga kelembapannya. Alhasil, minyak zaitun mungkin dapat mengurangi penumpukan sebum (minyak alami) yang menghambat pertumbuhan folikel dan rambut. Hal ini yang membuat rambut menjadi lebih berkilau karena pertumbuhan rambut baru. Tidak hanya itu, kandungan asam oleat, asam palmitat, dan squalen dalam minyak zaitun juga berguna untuk membuat rambut lebih sehat dan lembut.

Membasmi Kutu Rambut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: